Top 10 Surga Tersembunyi di Dunia

Sobat traveler Klub Sepuluh, mungkin bagi anda bepergian ke berbagai lokasi tujuan wisata populer di seluruh dunia terasa tidak lagi berkesan. Anda butuh tujuan baru yang menawarkan keindahan berbeda dan belum banyak terjamah tangan manusia. Klub Sepuluh memberikan jawaban sempurna bagi anda. Melalui artikel Top 10 Surga Tersembunyi di Dunia, anda dapat mengenal lokasi tujuan wisata yang memiliki pemandangan alam begitu indah namun belum banyak dikenal oleh masyarakat dunia.

surga-tersembunyi-di-dunia

Bali, Hawaii, Maladewa, Great Barrier Reef atau bahkan Pegunungan Alpen mungkin merupakan lokasi tujuan wisata yang biasa saja di mata anda. Anda butuh surga yang lebih eksotis untuk dikunjungi. Tempat yang menyajikan keindahan alam ciptaan Tuhan tanpa campur tangan manusia. Dalam daftar berikut ini, anda akan mengenal lokasi tujuan wisata mana saja yang merupakan surga tersembunyi di dunia.


10. Kirkjufell

surga-tersembunyi-di-dunia

Kirkjufell adalah sebuah gunung yang rerletak di Semenanjung Snainefellsnes, Islandia. Sebenarnya tidak ada sesuatu yang mengesankan tentang gunung itu sendiri. Kirkjufell bukanlah gunung tertinggi di Islandia, bahkan tidak termasuk salah satu dari banyak gunung berapi yang membuat Islandia memiliki reputasi sebagai produsen sepertiga lava basaltik di dunia.

Tapi, ada satu hal yang membuat Kirkjufell sangat menonjol. Ia merupakan gunung fotogenik. Di tengah-tengah Kirkjufell terdapat tiga buah air terjun yang menyuplai sebuah danau di kaki gunung dengan air yang luar biasa jernih. Semua hal tersebut menciptakan potret sempurna keindahan Islandia. Yang lebih spektakuler lagi, Kirkjufell merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat munculnya northern light yang menakjubkan.


9. Cano Cristales

surga-tersembunyi-di-dunia

Oleh penduduk setempat sungai yang menduduki posisi kesembilan daftar Top 10 Surga Tersembunyi di Dunia versi Klub Sepuluh ini disebut sebagai Sungai Lima Warna. Cano Cristales benar-benar sebuah surga yang tersembunyi, lokasinya terselip diantara himpitan pegunungan Kolombia. Hanya ada dua cara untuk mencapai sungai ini, salah satunya dengan menggunakan pesawat. Warna sungai Cano Cristales berasal dari kombinasi antara ganggang, rona alami batu-batuan sungai, dan warna biru air itu sendiri. Secara khusus, warna merah berasal dari tanaman air yang disebut Macarenia clavigera.

Karena warna tersebut berasal dari makhluk hidup, efek warnanya berubah terus-menerus, seperti lukisan cat air hidup dilukis oleh tangan Tuhan. Waktu yang paling tepat untuk melihat pemandangan spektakuler Cano Cristales adalah saat musim panas. Hawa panas memunculkan nuansa merah paling kuat. Selain memiliki berbagai warna mencolok dan keanekaragaman hayati yang luar biasa, Cano Cristales juga mengalir diantara beberapa batuan tertua di dunia, yang disebut Guyana Shield. Batuan tersebut terbentuk sekitar 1,2 miliar tahun yang lalu.


8. Air Terjun Darah

surga-tersembunyi-di-dunia

Mungkin Antartika tidak pernah terlintas dalam pikiran anda ketika membayangkan tentang surga di dunia. Namun ketika manusia mulai menjelajahi benua beku tersebut, semakin banyak keajaiban dan keindahan tersembunyi dapat ditemukan. Salah satu contoh mencolok dari keunikan Antartika dapat ditemukan di Air Terjun Darah pada kawasan Gletser Taylor, yang secara kontinyu memuntahkan aliran air hypersaline kaya zat besi ke salju di sekitarnya. Gletser ini ditemukan pada tahun 1911 oleh seorang penjelajah bernama Thomas Griffith Taylor, yang menduga bahwa warna kemerahan disebabkan oleh bentuk diketahui bakteri.

Namun alasan sebenarnya yang menyebabkan Air Terjun Darah berwarna merah adalah adanya aliran sungai bawah tanah kuno yang berada pada kedalaman 400 meter dibawah permukaan es. Sungai inilah yang menjadi sumber air asin berwarna merah Air Terjun Darah. Selama periode Miosen, sekitar lima juta tahun yang lalu, permukaan air di sekitar Antartika naik cukup tinggi untuk menciptakan sebuah danau air asin di lahan yang sebelumnya kering. Ketika laut surut, danau tersebut perlahan-lahan tertutup oleh serangkaian gletser sampai benar-benar terputus dari permukaan. Dengan tidak adanya oksigen, danau yang tersisa berada dalam kondisi yang sama persis seperti ketika sebelum ditutupi es. Ada sejenis mikroba disana yang tetap tak berubah sejak periode Miosen, dan merekalah yang bertanggung jawab untuk mengurai kandungan besi di air asin. Air kaya zat besi itu kemudian menemukan jalan keluar melalui celah ke permukaan dan melakukan kontak dengan oksigen untuk pertama kalinya, reaksi tersebut memunculkan warna karat. Warna dari Air Terjun Darah di Gletser Taylor.


7. Beppu

surga-tersembunyi-di-dunia

Beppu, yang berada di Jepang merupakan salah satu pusat mata air panas di dunia. Ada lebih dari 2.500 mata air panas di kawasan tersebut dan menjadikan Beppu sebagai kawasan matai air panas terbesar kedua di dunia. Mata air panas Beppu oleh masyarakat setempat disebut dikenal Delapan Neraka, karena adanya delapan titik utama yang masing-masing memiliki keunikannya sendiri. Salah satunya disebut Kolam Darah Neraka yang mengandung zat besi dalam jumlah yang sangat besar. Kandungan zat besi tersebut warna merah gelap baik pada air maupun uap.

Kemudian Gunung Iblis Neraka, yang merupakan tempat tinggal bagi sekitar 80 ekor buaya. Kolam Putih Neraka, kolam ini mengandung asam borat yang memberikan warna putih susu pada airnya. Dan Oniishi Gundul Neraka, yang memiliki lumpur menggelegak ke permukaan menyerupai kepala gundul seorang biarawan. Disekitar kawasan mata air panas Beppu yang menduduki tangga ketujuh daftar Top 10 Surga Tersembunyi di Dunia versi Klub Sepuluh ini telah dibangun pusat perdagangan. Disini anda dapat membeli sayuran atau telur yang dapat dimasak diatas uap panas. Di Beppu juga terdapat mata air kecil yang airnya cukup dingin untuk merendam kaki, meskipun mata air utama suhunya dapat mencapai 150 derajat Celcius.


6. Spotted Lake

surga-tersembunyi-di-dunia

Okanagan Valley terletak di kawasan ekstrim perbatasan selatan negara bagian British Columbia, Amerika Serikat. Selama ribuan tahun, suku-suku asli hidup dan berjuang di lembah tersebut. Legenda mereka tetap hidup sampai hari ini. Salah satu legenda paling menonjol menceritakan pertempuran yang terjadi di perbukitan sekitar danau Spotted Lake. Selama pertempuran, kedua belah pihak rutin mengadakan gencatan senjata yang memungkinkan mereka untuk mandi bersama guna menyembuhkan luka di air kaya mineral dari danau Spotted Lake.

Kepercayaan akan khasiat menyembuhkan dari air danau Spotted Lake masih didengungkan sampai saat ini. Air danau Spotted Lake memiliki konsentrasi tinggi 11 mineral yang berbeda, termasuk kalsium dan magnesium sulfat, juga kandungan kecil titanium dan perak. Di musim panas, ketika sebagian air danau menguap, mineral mengendap menjadi beberapa lubang bulat. Setiap lubang memiliki warna yang berbeda, tergantung pada konsentrasi mineral dominan yang terkandung di lubang tersebut.


5. Panjin

surga-tersembunyi-di-dunia

Lanskap indah berwarna merah ini terletak di pantai kota Panjin, China. Kota Panjin berada di tengah lahan basah yang luas di delta Sungai Liaohe. Uniknya, lahan basah tersebut merupakan satu-satunya yang memiliki warna merah. Alih-alih pasir, pantai Panjin ditutupi oleh tanah yang sangat kaya dengan kandungan alkali, yang kurang mampu menunjang kehidupan bagi sebagian besar tanaman. Hal tersebut memungkinkan sebuah spesies rumput laut yang disebut Suaeda salsa, menguasai lahan seluas 1,4 juta hektar dan memberikan warna merah mencolok bagi pantai Panjin.

Pada musim panas, rumput laut tersebut berwana hijau gelap layaknya rumput laut pada umumnya. Tapi ketika musim gugur tiba, tanaman dewasa berubah warna menjadi merah menyala yang membuat pantai Panjin menjadi salah satu surga di dunia. Sebagian besar kawasan pantai tertutup bagi pengunjung dalam upaya melindungi ekosistem rumput laut. Tapi anda jangan kuatir, ada bagian kecil kawasan pantai Panjin yang menduduki posisi kelima daftar Top 10 Surga Tersembunyi di Dunia versi Klub Sepuluh ini terbuka untuk wisatawan.


4. Pamukkale

surga-tersembunyi-di-dunia

Salah satu pemandangan paling unik di dunia adalah, kolam travertine yang berada pada tebing di Pamukkale, Turki. Travertine adalah sejenis batu kapur yang ditemukan pada banyak mata air panas di dunia. Ketika mata air mencapai permukaan, travertine mengeras membentuk struktur yang menahan mata air. Hasilnya, pemandangan indah selayaknya surga dengan berlapis-lapis kolam berair jernih ditumpukkan satu sama lain.

Tidak peduli di mana mereka terbentuk, kolam travertine biasanya sangat indah. Pamukkale adalah situs kota Hierapolis dari jaman Yunani kuno. Dan nama Hierapolis sendiri berarti benteng kapas. Dari kejauhan, kolam-kolam travertine Pamukkale benar-benar tampak seperti seperti dinding yang terbuat dari kapas. Karena memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi, tebing tempat kolam-kolam travertine Pamukkale berada memiliki warna seputih salju.


3. Zhangye Danxia

surga-tersembunyi-di-dunia

Zhangye Danxia Landform Geological Park terletak di barat daya China dan memiliki banyak fitur yang tidak biasa. Mungkin yang paling menakjubkan adalah gunung berwarna-warni yang dikenal sebagai Bentang Alam Danxia. Pewarnaan berasal dari batu pasir merah dan kandungan mineral alami yang telah terbentuk selama 24 juta tahun. Setiap garis warna berasal dari mineral yang berbeda. Selama berabad-abad mineral-mineral tersebut telah membentuk lapisan demi lapisan, dan menghasilkan pola layaknya pelangi. Erosi yang ditimbulkan oleh angin dan hujan turut memoles permukaan gunung-gunung tersebut.

China merupakan satu-satunya tempat di dunia yang memiliki jenis pembentukan mineral tersebut. Dan beberapa Bentang Alam disana telah menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Kota Zhangye mendapatkan manfaat besar dari ketertarikan dunia pada Bentang Alam Danxia yang bercokol di posisi ketiga daftar Top 10 Surga Tersembunyi di Dunia versi Klub Sepuluh.


2. Danau Retba

surga-tersembunyi-di-dunia

Ada beberapa nama yang telah diberikan kepada danau berair asin ini, baik oleh penduduk setempat maupun nama yang diberikan oleh para wisatawan. Tetapi pada dasarnya semua memiliki arti yang sama yaitu Danau Pink. Danau Retba yang berada di Senegal memang memiliki air berwarna pink seperti Danau Hiilier yang berada di Australia. Hanya sebaris bukit pasir tipis yang memisahkan Danau Retba dengan Samudera Atlantik. Hal tersebut menyebabkan spesies alga yang disebut Dunaliella salina mampu berkembang biak di perairan danau yang hangat.

Alga Dunaliella salina merupakan ganggang yang menyukai garam dan hanya bisa ditemukan pada sedikit lokasi di dunia. Untuk dapat bertahan hidup di air asin, Dunaliella salina menghasilkan pigmen merah yang memungkinkan mereka menyerap lebih banyak sinar matahari dan menghasilkan beta karoten, yang bertindak sebagai penyangga garam. Kadar garam pada Danau Retba meningkat secara signifikan pada musim panas, sehingga semakin banyak pigmen merah dilepaskan. Hal tersebut membuat warna air Danau Retba menjadi merah pekat seperti darah.


1. Lencois Maranhenses

surga-tersembunyi-di-dunia

Menemukan sebuah oasis di tengah padang pasir sudah bisa dikatakan bagai menemukan surga di dunia. Apalagi bila oasis tersebut memiliki pemandangan indah serta air yang bening menyejukkan. Begitulah adanya lokasi wisata yang memuncaki daftar Top 10 Surga Tersembunyi di Dunia versi Klub Sepuluh ini. Laguna-laguna yang terdapat dalam Lencois Maranhenses National Park layaknya oasis. Terletak di timur laut Brazil, lahan seluas 155.000 hektar tersebut tertutupi pasir, walaupun tidak benar-benar merupakan sebuah gurun. Lokasi Lencois Maranhenses terletak tepat di luar hutan Amazon dan menerima jumlah curah hujan yang sama dengan hutan tropis tersebut. Ketika air hujan terkumpul di antara bukit-bukit pasir, mereka membentuk ribuan laguna terpisah yang membentang sejauh mata memandang.

Setiap laguna berfungsi sebagai ekosistem benar-benar unik. Meskipun tidak memiliki jalur keluar masuk bagi aliran air, banyak laguna terisi dengan ikan yang dibawa oleh burung laut ketika masih berbentuk telur. Tapi karena tanahnya berpasir dan sebagian besar tanpa nutrisi, sangat sedikit vegetasi tumbuhan hidup di Lencois Maranhenses. Namun hal tersebut malah semakin memperkuat keunikannya. Di satu sisi ikan dapat tumbuh dengan mudah, namun di sisi lain tumbuhan sangat sulit bertahan disana.


Sobat traveler Klub Sepuluh, pastinya anda setuju bahwa semua lokasi wisata yang berada dalam daftar Top 10 Surga Tersembunyi di Dunia diatas sangat pantas menjadi tujuan perjalanan alternatif anda berikutnya bukan?

0 Response to "Top 10 Surga Tersembunyi di Dunia"

Posting Komentar