Top 10 Manusia Terpintar di Dunia

Otak manusia merupakan sebuah mesin yang menakjubkan. Tidak pernah berhenti bekerja sepanjang waktu semasa hidup kita. Dan ada beberapa manusia yang memiliki otak dengan kemampuan atau IQ diatas rata-rata. Mereka dapat sobat kenal melalui daftar Top 10 Manusia Terpintar di Dunia versi Klub Sepuluh berikut ini.

manusia-paling-pintar-di-dunia

IQ merupakan singkatan dari Intelligence quotient, adalah standarisasi dari nilai kecerdasan manusia yang diukur berdasarkan tes tertentu. Awalnya standarisasi IQ dicetuskan oleh seorang ahli statistik berkebangsaan Inggris, Francis Galton, pada tahun 1882. Sejak itu, prosedur pengukuran tingkat kecerdasan manusia terus mengalami pengembangan dan sampai saat ini kita menggunakan standar pengukuran IQ berdasarkan Stanford-Binet Intelligence Scales.

Sepanjang sejarah kehidupan manusia, kita telah mengenal begitu banyak sosok yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi dan banyak diantara mereka yang memberikan kontribusi besar bagi umat manusia. Mari kita simak siapa saja yang masuk dalam daftar Top 10 Manusia Terpintar di Dunia versi Klub Sepuluh berikut ini.


10. Stephen Hawking

manusia-paling-pintar-di-dunia

Pakar fisika teoretis ini lahir di Oxford, Inggris pada tanggal 8 Januari 1942. Pemilik IQ 162 ini telah memberikan sumbangan besar bagi dunia dalam bidang fisika kuantum. Kelainan fisik berupa tetraplegia yang menyebabkannya lumpuh dan harus selalu berada diatas kursi roda, tidak menghalangi profesor matematika di Cambridge University ini untuk terus berkarya dan memberi sumbangsih bagi dunia ilmiah.

Buku karya Stephen Hawking berjudul A Brief History of Time yang antara lain menjelaskan tentang lubang hitam telah terjual lebih dari 10 juta kopi di seluruh dunia dan masuk dalam daftar Bestseller Sunday Times, London, selama 237 minggu berturut-turut. Stephen Hawking bukanlah orang yang tertarik untuk membicarakan tentang kecerdasan manusia. Ketika ia ditanya soal IQ yang dimilikinya, ia menjawab, "Saya tidak tahu. Orang yang membanggakan IQ-nya adalah seorang pecundang."

Selain berbagai sumbangsihnya yang turut memajukan ilmu pengetahuan, Stephen Hawking yang seorang ateis juga kerap melontarkan pernyataan-pernyataan kontroversial. Dalam salah satu bukunya yang berjudul The Grand Design, Stephen menulis; Karena adanya hukum seperti gravitasi, tata surya dapat dan akan membentuk dirinya sendiri. Penciptaan spontan adalah alasannya mengapa sekarang ada 'sesuatu' dan bukannya kehampaan, mengapa alam semesta ada dan kita ada. Tidak perlu memohon kepada Tuhan untuk memulai segalanya dan menggerakan alam semesta.




9. Albert Einstein

manusia-paling-pintar-di-dunia

Siapa yang kenal dengan sosok pria jenius kelahiran kota Ulm, Jerman pada tanggal 14 Maret 1879 ini. Siapa pula yang tidak pernah mendengar teori relatifitas yang dicetuskannya. Atau rumus fisika paling terkenal sejagat E = mc2. Albert Einstein, peraih penghargaan Noble bidang fisika pada tahun 1921 memang pantas disebut sebagai bapak ilmu pengetahuan modern. Jadi jangan sepelekan kecerdasan figur yang memiliki IQ di rentang angka 160 sampai 190 ini walau hanya berada di posisi kesembilan daftar Top 10 Manusia Terpintar di Dunia versi Klub Sepuluh.

Nama Einstein menjadi populer karena keterlibatannya dalam The Manhattan Project pada era Perang Dunia II. Sebuah proyek rahasia milik militer Amerika Serikat dalam mengembangkan bom atom, yang kemudian dikatakan Einstein sebagai keputusan terburuk yang pernah ia ambil dalam hidupnya.

Einstein yang sempat ditawari posisi sebagai presiden Israel untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan oleh presiden pertama Israel, Chaim Weizmann, yang meninggal pada bulan November 1952, sepanjang hidupnya telah menulis ratusan judul buku sebagai warisannya bagi perkembangan sains dunia. Albert Einstein meninggal dunia dalam usia 76 tahun di rumah sakit Princeton.


8. Judit Polgár

manusia-paling-pintar-di-dunia

Dia adalah seorang atlet catur top dunia yang meraih gelar Grandmaster pada tahun 1991, saat usianya baru menginjak 15 tahun 4 bulan. Menjadikannya sebagai peraih gelar Grandmaster termuda dalam sejarah. Hebatnya lagi ia adalah seorang wanita. Judit Polgár lahir di kota Budapest, Hungaria, pada tanggal 23 Juli 1976. Ia dan kedua kakaknya, Susan yang juga merupakan seorang Grandmaster, dan Sofia yang memiliki kelar Master Internasional dalam cabang catur, merupakan subyek dari eksperimen pendidikan ayah mereka, László Polgár. Eksperimen itu berupaya untuk membuktikan bahwa dengan pendidikan yang benar, seorang anak dapat meraih prestasi besar walau dalam usia masih sangat belia. László Polgár berpendapat bahwa seorang jenius harus dibentuk, bukan dilahirkan.

Sepanjang karirnya di cabang catur, Judit telah mematahkan perlawanan dari banyak pecatur pria, bahkan mereka yang telah merajai cabang ini seperti Magnus Carlsen, Anatoli Karpov, Garry Kasparov, Boris Spassky, Vasily Smyslov, Veselin Topalov, Viswanathan Anand, Ruslan Ponomariov, Alexander Khalifman, dan Rustam Kasimdzhanov. Saat ini dia merupakan pecatur wanita paling tangguh di muka bumi dan menjadi satu-satunya pecatur wanita yang ada di dalam daftar 100 besar peringkat federasi catur dunia FIDE.

Istri dari seorang dokter hewan bernama Gusztáv Font ini memiliki IQ 170. Jadi tak heran bila ia mampu berprestasi sangat tinggi di cabang catur yang umumnya dikuasai kaum Adam. Judit menulis buku tentang catur untuk anak-anak berjudul Chess Playground, dimana Sofia menjadi ilustratornya, Atas prestasinya, pemerintah Hungaria menganugerahkan Order of Merit of the Republic of Hungary Commander's Cross with Star, yang merupakan penghargaan tertinggi kedua yang bisa diperoleh seorang warga sipil di Hungaria.


7. Leonardo da Vinci

manusia-paling-pintar-di-dunia

Bernama lengkap Leonardo di ser Piero da Vinci, ia lahir pada tanggal 15 April 1452 di kota Vinci, Italia. Leonardo merupakan seniman sekaligus ilmuwan juga penemu. Julukan sebagai The Renaissance Man disematkan padanya. Begitu banyak warisan pria pelukis Monalisa ini bagi dunia. Baik di bidang seni, arsitektur, matematika, geologi, anatomi dan lain sebagainya.

Pencetus ide pembuatan mesin terbang ini disebut sebagai manusia paling jenius sepanjang sejarah manusia. Berhubung sampai saat Leonardo da Vinci wafat, yaitu pada tanggal 2 Mei 1519, metode pengukuran IQ belum ditemukan, maka tidak ada yang tahu pasti tingkat kecerdasannya. Namun berdasarkan penelitian, diperkirakan IQ seorang Leonardo da Vinci tak kurang dari angka 190.

Selain mempelopori perancangan mesin terbang, sang jenius Leonardo da Vinci yang melukis karya fenomenal The Last Supper ini juga merupakan orang yang pertama kali mencetuskan ide pembuatan tank dan pembangkit listrik tenaga surya. Banyak ide-idenya yang akhirnya menjadi kenyataan ratusan tahun setelah ia meninggal dan dimakamkan di Perancis. Sangatlah pantas bila kami memasukkan nama Leonardo da Vinci dalam daftar Top 10 Manusia Terpintar di Dunia.


6. Marilyn Vos Savant

manusia-paling-pintar-di-dunia

Putri dari pasangan Joseph Mach dan Marina vos Savant ini merupakan wanita paling jenius yang ada di dunia. Nama Marilyn Vos Savant, kelahiran kota St. Louis, negara bagian Missouri, Amerika Serikat sempat tercatat dalam Guinness Book of World Records sebagai manusia dengan IQ tertinggi. Ia berprofesi sebagai penulis, kolumnis, dan pengajar. Ia tercatat memiliki IQ senilai 190.

Marilyn Vos Savant berdarah Italia dan Jerman. Sejak kecil ia telah menulis untuk sebuah koran lokal kotanya sembari bekerja pada toko kelontong milik sang ayah. Ia memutuskan untuk menikah dalam usia yang sangat muda, yaitu 16 tahun sebelum akhirnya bercerai 10 tahun kemudian. Marilyn Vos Savant sempat mengenyam pendidikan di Washington University, St. Louis dalam bidang filosofi sebelum memutuskan untuk berhenti dan lebih memilih membantu usaha bisnis investasi milik keluarganya. Setelah bisnis tersebut berkembang dan memberikannya kebebasan finansial, ia memutuskan untuk hijrah ke kota New York dan meneruskan hobi menulisnya.

Namanya tercatat sebagai manusia dengan IQ tertinggi dalam Guinness Book of World Records dari tahun 1986 sampai 1989 sebelum pihak Guinness memutuskan untuk tidak mencantumkan IQ sebagai sebuah rekor dunia. Masuknya nama Marilyn Vos Savant dalam buku rekor nomer wahid di dunia tersebut membuat namanya menjadi terkenal dan meroketkan karir menulisnya. Dia pun mengasuh sebuah kolom yang bertajuk Ask Marilyn dimana semua pembaca dapat menanyakan berbagai hal kepadanya.
5. Garry Kasparov

manusia-paling-pintar-di-dunia

Pria yang berada pada tangga kelima dalam daftar Top 10 Manusia Terpintar di Dunia versi Klub Sepuluh ini merupakan legenda hidup olahraga catur. Garry Kasparov yang bergelar Grandmaster sejak tahun 1980, sempat merajai cabang catur dan menjadi juara dunia dengan rekor tidak terkalahkan dalam kurun waktu antara tahun 1985 sampai 1993. Tak pelak, nama Garry Kasparov disebut sebagai pecatur terhebat sepanjang sejarah.

Terlahir dengan nama Garik Kimovich Weinstein, pada tanggal 13 April 1963 di kota Baku, negara Azerbaijan, warga negara Kroasia yang jenius ini menjadi juara dunia catur termuda dalam sejarah dengan mengalahkan legenda catur lainnya,  Anatoly Karpov, pada tahun 1985. Saat itu usianya baru menginjak 22 tahun. Pemilik IQ 194 ini juga mencatatkan sejarah sebagai juara dunia catur pertama yang dikalahkan oleh sebuah super komputer bernama Deep Blue, buatan IBM pada tahun 1997.

Garry Kasparov mundur dari dunia catur yang telah membesarkan namanya pada tanggal 10 Maret 2005. Ia lalu berkonsentrasi dalam karir politik dan menulis. Garry Kasparov sempat mencalonkan diri sebagai presiden Rusia pada tahun 2008. Namun ia gagal mendulang dukungan. Kini ia aktif sebagai salah satu pimpinan Yayasan Hak Asasi Manusia.


4. Kim Ung-yong

manusia-paling-pintar-di-dunia

Ia telah mampu berbicara sejak masih berusia 6 bulan. Kemudian mampu membaca dalam berbagai bahasa seperti Jepang, Korea, Jerman, Inggris dan lainnya saat baru berusia 3 tahu. Pria Jenius ini lahir pada tanggal 7 Maret 1963 di kawasan Kim Ung-yong, kota Seoul, Korea Selatan. Kim Ung-yong sempat mencatatkan namanya dalam Guinness Book of Record sebagai manusia pemilik IQ tertinggi, yaitu 210, sebelum pihak Guinnes memutuskan untuk menghilangkan kategori IQ dari daftar rekor mereka pada tahun 1990.

Kim Ung-yong memiliki ayah seorang profesor yang bernama Kim Soo-Sun. Sang ayah mengatakan, ketika Kim Ung-yong menginjak usia 4 tahun, ia mampu mengingat lebih dari 2.000 kata baik dalam bahasa Jerman dan Inggris. Ia juga menulis puisi dalam bahasa Korea dan China, bahkan menulis buku pendek tentang puisi dan esai. Nama Kim Ung-yong mencuat ketika sebuah artikel pada majalah Look menceritakan tentang dirinya pada tahun 1967. Setelah membaca artikel tersebut, seorang guru dan beberapa murid di Grant High School, kota Los Angeles, Amerika Serikat menulis surat kepadanya. kemudian sang ayah mendaftarkan Kim Ung-yong untuk masuk ke sekolah tersebut.

Salah satu bukti kejeniusan pria yang kini bekerja di Chungbuk National University ini adalah, saat berusia 14 tahun, tepatnya pada tanggal 5 November 1977, Kim Ung-yong berhasil memecahkan sebuah soal diferensial dan integral kalkulus yang sangat sulit dan kompleks dalam sebuah tayangan televisi di Jepang.


3. Christopher Hirata

manusia-paling-pintar-di-dunia

Ketika berusia 3 tahun, Christopher Hirata telah mampu menghitung total belanjaan orangtuanya di supermarket. Tanpa alat bantu, ia mengkalkulasi berapa yang harus orangtuanya bayarkan berdasarkan jenis barang, berat, jumlah barang, diskon, dan pajak. Pemuda kelahiran tahun 1982 ini memenangkan medali emas dalam Olimpiade Fisika Internasional tahun 1996. Ketika itu usianya baru menginjak 13 tahun. Ia mengalahkan para pesaingnya yang rata-rata berusia 19 tahun dan menjadi pemenang termuda dalam sejarah Olimpiade Fisika Internasional.

Setahun kemudian ia terdaftar sebagai mahasiswa California Institute of Technology (Caltech), dan ketika baru berusia 16 tahun, Christopher Hirata telah bekerja untuk badan antariksa Amerika Serikat, NASA. Perengkuh gelar PhD dalam bidang Fisika saat masih berusia 18 tahun ini memiliki IQ 225. Christopher Hirata memiliki sebuah teori menarik yang menjabarkan hubungan cinta antara remaja laki-laki dan perempuan yang disebut sebagai Relationship Thermochemistry.

Pria jenius yang menduduki posisi tiga dalam daftar Top 10 Manusia Terpintar di Dunia versi Klub Sepuluh ini sekarang selain bekerja untuk NASA dalam proyek kolonisasi manusia di planet Mars, juga menjadi Profesor bidang fisika dan astronomi di Ohio State University.


2. Terence Tao

manusia-paling-pintar-di-dunia

Berdasarkan penuturan sang ayah, saat berusia 2 tahun, Terence Tao telah mengajarkan aritmatika dan bahasa Inggris kepada seorang bocah yang 3 tahun lebih tua darinya. Ketika ditanya darimana Terence Tao mendapat kemampuan matematikanya tersebut, sang ayah menjawab bahwa anaknya belajar mengenal angka dan huruf dari acara televisi untuk anak-anak, Sesame Street.

Pemilik nama lengkap Terence Chi-Shen Tao ini lahir di kota Adelaide, Australia pada tanggal 17 Juli 1975. Ia mampu menyelesaikan soal matematika untuk level mahasiswa saat baru berusia 9 tahun. Terence Tao tercatat sebagai peserta termuda dalam sejarah Olimpiade Matematika Internasional yang diikutinya pertama kali saat berusia 10 tahun. Saat itu ia meraih medali perunggu sebelum di tahun berikutnya meraih perak dan setahun kemudian berhasil meraih medali emas.

Si jenius bidang matematika lulusan Princeton University ini, sekarang menjadi profesor di University of California, Los Angeles. Terence Tao memperoleh gelar master dalam bidang matematika saat masih berusia 16 tahun ketika remaja lain seusianya masih duduk di bangku sekolah lanjutan tingkat atas. Terence Tao menikah dengan seorang insinyur yang bekerja pada laboratorium pengembangan mesin jet milik NASA, bernama Laura. Tercatat, Terence Tao memiliki nilai IQ di kisaran 225 sampai 230.


1. William James Sidis

manusia-paling-pintar-di-dunia

Inilah pemuncak daftar Top 10 Manusia Terpintar di Dunia versi Klub Sepuluh sekaligus sebagai manusia dengan IQ tertinggi yang pernah tercatat dalam sejarah.

Pria jenius ini lahir di kota New York, Amerika Serikat pada tanggal 1 April 1898. Kemampuannya yang luar biasa terutama dalam bidang matematika dan juga menguasai begitu banyak bahasa. William James Sidis menjadi mahasiswa Harvard University saat masih berusia 11 tahun. Ia yang memiliki darah Ukraina memang berasal dari keluarga yang berpendidikan tinggi. Ayahnya, Boris Sidis, memiliki gelar Ph.D. Ibunya, Sarah Mandelbaum Sidis memiliki gelar Master.

William James Sidis telah mampu membaca koran dengan lancar saat masih berusia 18 bulan. Saat menginjak usia 8 tahun ia telah menguasai beberapa bahasa seperti Latin, Yunani, Perancis, Rusia, Jerman, Yahudi, Turki, dan bahasa Armenia. Dia bahkan menciptakan bahasa sendiri yang ia sebut Vendergood. William James Sidis lulus dari Harvard University dengan predikat cum laude pda tanggal 18 Juni 1914. Saat itu usianya baru menginjak 16 tahun.

Kehidupan William James Sidis saat dewasa sangat kontroversial. Ia aktif dalam pergerakan politik dan sempat ditahan karena terlibat demonstrasi kaum sosialis yang dikenal sebagai May Day. Demonstrasi itu berujung pada kekerasan dan ia dijatuhi hukuman penjara selama 8 bulan. Sisa hidupnya dihabiskan dengan mengasingkan diri. Pemilik IQ 300 ini meninggal dunia pada tahun 1944 di kota Boston.


Semoga artikel tentang Top 10 Manusia Terpintar di Dunia versi Klub Sepuluh ini bisa menjadi inspirasi bagi Sobat semua. Ingatlah bahwa kejeniusan bukan karena bawaan lahir, melainkan harus dibentuk sejak dini.

0 Response to "Top 10 Manusia Terpintar di Dunia"

Posting Komentar