Top 10 Raket Badminton Terbaik

Badminton atau bulutangkis yang berasal dari Inggris merupakan olahraga yang sangat populer di Indonesia. Sudah sejak lama cabang olahraga badminton mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia lewat berbagai prestasi yang ditorehkan atlet-atlet badminton negeri ini. Salah satu perlengkapan badminton yang paling utama adalah raket. Dalam artikel Top 10 Raket Badminton versi Klub Sepuluh ini sobat akan mendapatkan informasi mengenai merk-merk raket badminton terbaik di dunia.

raket-badminton-terbaik

Memiliki raket yang baik merupakan keharusan bagi seorang atlet badminton baik untuk level pemula maupun profesional. Pada masa awal olahraga badminton muncul, raket umumnya terbuat dari bahan kayu. Namun seiring perkembangan teknologi, raket modern lebih banyak terbuat dari bahan serat karbon yang memiliki kekuatan tinggi namun berbobot sangat ringan. Ada ratusan produsen raket badminton berlomba meraih pasar dengan meluncurkan produk-produk terbaik mereka. Namun hanya ada 10 merk raket badminton yang pantas berada dalam daftar Top 10 Raket Badminton versi Klub Sepuluh.


10. Carlton

raket-badminton-terbaik

Carlton merupakan salah satu produsen raket bulutangkis dan shuttlecock utama dunia yang didirikan pada tahun 1946. Carlton Sports menjadi kelompok anak perusahaan dari Dunlop Slazenger International yang berlokasi di kota Greenville, Carolina Selatan, yang kini dimiliki oleh Sports Direct. Sebagian besar penelitian dan pengembangan raket dilakukan di kantor pusat Carlton di kota Camberley, Inggris.

Sepanjang sejarahnya perusahaan ini telah menjadi pelopor bagi sejumlah inovasi dalam pembuatan perlengkapan bulutangkis. Inovasi-inovasi Carlton tersebut antara lain menjadi yang pertama dalam merancang dan membuat raket yang seluruhnya berbahan logam, menjadi merk pertama yang menggunakan stainless steel dalam pembuatan raket, dan produsen pertama yang membuat raket one-piece.


9. Dunlop

raket-badminton-terbaik

Merk ini telah berdiri sejak tahun 1910 di kota Shirebrook, Derbyshire, Inggris. Sebelum memproduksi raket badminton, Dunlop telah menjadi salah satu produsen raket tenis terkemuka dunia. Pemain-pemain tenis ternama seperti Rod Laver, John McEnroe, Pat Cash, Steffi Graf dan Martina Navratilova merupakan pengguna raket tenis Dunlop.

Saat ini Dunlop merupakan anak perusahaan Dunlop Slazenger yang juga membawahi Carlton, Dalam dunia badminton, Dunlop terkenal sebagai produsen raket badminton berteknologi tinggi. Rangkaian produk raket badminton dari merk yang menduduki posisi kesembilan daftar Top 10 Raket Badminton versi Klub Sepuluh ini memiliki jangkauan yang lengkap bagi segala segmen pemain mulai dari pemula sampai profesional.


8. Flypower

raket-badminton-terbaik

Flypower merupakan merk asli Indonesia yang didirikan oleh mantan juara All England tahun 1993 dan 1994 serta Juara Dunia 1995, Hariyanto Arbi. Setelah mundur dari Pelatnas Bulutangkis di Cipayung pada tahun 2002, Hariyanto Arbi yang semasa aktifnya memiliki jump smash luar biasa tersebut mulai merintis usaha produksi peralatan badminton. Awalnya Flypower hanya memproduksi sepatu. Namun dalam perkembangannya merk ini juga memproduksi perlengkapan badminton lainnya seperti raket, kaos, celana dan lain-lain.

Saat ini Flypower merupakan salah satu merk raket badminton yang terkenal dengan kualitasnya. Beberapa pemain nasional Indonesia menjadi pengguna raket-raket Flypower. Mereka antara lain Vita Marissa, Nitya Krishinda Maheswari, Tiara Rosalia Nuraidah, Riky Widianto dan Angga Pratama. Sebagai produk asli Indonesia, Flypower patut dipuji dengan desain-desain bernuansa Indonesia pada produk-produknya. Salah satu yang paling menonjol adalah penggunaan motif batik pada kaos badminton produksi Flypower.


7. Apacs

raket-badminton-terbaik

Produsen ini berasal dari negri jiran Malaysia. Apacs berdiri sejak tahun 2002. Produsen raket badminton, squash, tenis dan tenis meja ini memiliki semboyan Aggressive, Power, Accurate, Control dan Speed. Apacs telah berhasil meluaskan pemasaran produk-produk mereka ke berbagai negara seperti Australia, Austria, Botswana, Brunei Darussalam, Kamboja, Canada, China, Finlandia, Perancis, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Korea, Laos, selandia Baru, Pakistan, Filipina, Qatar, Singapura, Swedia, Taiwan, Thailand, Vietnam, Uni Emirat Arab, Inggris Raya dan Amerika Serikat.

Dalam memproduksi raket badminton, Apacs yang berada di posisi ketujuh daftar Top 10 Raket Badminton versi Klub Sepuluh, terkenal dengan mengaplikasikan teknologi yang digunakan oleh merk-merk raket yang lebih populer namun dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Contohnya, banyak raket badminton produksi Apacs yang memiliki desain, bahan, serta feel seperti raket-raket produksi Yonex. Salah satu raket badminton Apacs yang paling terkenal adalah Ti-10 yang merupakan replika raket badminton produksi Yonex, Ti-10.


6. Babolat

raket-badminton-terbaik

Sebelum mulai memproduksi raket tenis maupun raket badminton, Babolat yang berasal dari Perancis ini telah memproduksi senar raket sejak tahun 1875. Babolat yang didirikan oleh Pierre Babolat di kota Lyon mulai memproduksi raket pada tahun 1994. Dan semenjak itu, Babolat menjadi salah satu produsen raket ternama di dunia baik untuk raket tenis maupun raket badminton.

Karena berasal dari Eropa, sangat masuk akal bila raket-raket badminton Babolat dipakai oleh para pemain badminton profesional asal negara-negara benua biru tersebut. Selain Jen Hao Hsu yang berasal dari Taiwan, atlet badminton kelas dunia yang menggunakan raket Babolat berasal dari negara-negara seperti Perancis, Denmark, Rusia dan Jerman. Atlet-atlet badminton Eropa itu antara lain Joachim Fischer Nielsen, Valeriy Atrashchenkov, Michael Lahnsteiner, Juliane Schenk, Tine Baun dan Emilie Lennartsson.


5. Pro Kennex

raket-badminton-terbaik

Merk raket badminton ini berdiri pada tahun 1978. Di Indonesia, Pro Kennex menjadi salah satu merk raket badminton yang paling awal digunakan masyarakat pecinta olahraga bulutangkis. Bersama Yonex, Pro Kennex menjadi raket badminton yang paling banyak digunakan di Indonesia pada era tahun 1980an.

Raket-raket produksi Pro Kennek dikenal dengan daya tahannya yang lama, alias tahan banting. Itulah yang menyebabkan raket badminton yang berada di posisi kelima daftar Top 10 Raket Badminton versi Klub Sepuluh ini tetap memiliki banyak penggemar. Baik dari pehobi badminton, pemain amatir sampai mereka yang telah menjadi pemain profesional kelas dunia.


4. Astec

raket-badminton-terbaik

Merk raket Astec merupakan produk raket badminton asli Indonesia. Didirikan oleh pasangan atlet bulutangkis Indonesia yang menorehkan sejarah dengan meraih emas pada Olimpiade Atalanta. Alan Budikusuma dan Susy Susanti adalah pasangan suami istri legenda bulutangkis Indonesia yang berada dibalik kesuksesan Astec menjadi salah satu produsen perlengkapan badminton terkemuka.

Sebagai merk raket badminton asli Indonesia, kualitas raket-raket produksi Astec mampu disejajarkan dengan merk-merk lain yang telah terlebih dahulu menguasai pasar raket badminton dunia. Memang Astec tidak berkompromi dari segi kualitas. Raket-raket mereka telah melalui tahap riset dan pengembangan yang sangat ketat sebelum diproduksi. Itulah mengapa, walaupun merupakan produk asli Indonesia, raket badminton Astec memiliki harga jual yang cukup tinggi.


3. Victor

raket-badminton-terbaik

Merk raket badminton yang berada di posisi ketiga daftar Top 10 Raket Badminton versi Klub Sepuluh ini sukses membawa pasangan ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir menjuara berbagai ajang bergengsi seperti All England dan Kejuaraan Dunia. Victor didirikan tahun 1968 oleh Den Li Chen di Taiwan. Saat ini Victor menjadi salah satu produsen perlengkapan badminton terpopuler di dunia.

Tim Badminton Korea Selatan menggunakan raket Victor sebagai senjata andalan mereka. Raket badminton Victor dikenal memiliki karakteristik agresif. Sehingga raket ini populer digunakan oleh para pemain badminton dengan tipe menyerang, baik oleh mereka yang hanya menjadikan badminton sebagai hobi maupun oleh para atlet badminton profesional.


2. Li Ning

raket-badminton-terbaik

Merk raket badminton asal China ini didirikan oleh mantan atlet senam yang pernah mengharumkan nama negara di pentas dunia, Li Ning. Didirikan pada tahun 1990 di kota Beijing, saat ini Li Ning menjadi salah satu raksasa produsen peralatan badminton dan cabang olahraga lainnya. Li Ning menjadi pemasok resmi perlengkapan badminton bagi Tim Nasional dan para pemain badminton China.

Kesuksesan dan prestasi para atlet badminton asal China seperti Lin Dan, Chen Long, Fu Haifeng, Liu Xiaolong, Li Xuerui dan Bao Yixin ikut meningkatkan pamor serta kepopuleran raket Li Ning di pasar dunia. Raket badminton produksi Li Ning memiliki rangkaian tipe dan harga yang sangat luas. Li Ning memiliki produk raket badminton untuk kelas pemula sampai level dunia. Untuk level pemain profesional, raket Li Ning memiliki beberapa seri signature pemain kawakan seperti Lin Dan.


1. Yonex

raket-badminton-terbaik

Inilah pemuncak daftar Top 10 Raket Badminton versi Klub Sepuluh. Yonex didirikan oleh Minoru Yoneyama pada tahun 1957. Pada saat itu Minoru Yoneyama memproduksi raket badminton untuk merk lain. Baru pada tahun 1961 ia mulai memproduksi raket badminton dengan merk sendiri yaitu Yoneyama. Di Indonesia, raket-raket badminton produksi Yonex telah sejak lama menjadi favorit bagi masyarakat pecinta bulutangkis.

Sampai saat ini, Yonex merupakan produsen raket dan perlengkapan badminton terbesar dunia. Memiliki sejarah panjang dalam perjalanan sejarah olahraga badminton, posisi Yonex sebagai pemimpin pasar dan teknologi raket badminton sangat sulit digoyang oleh para pesaingnya. Sekitar 80 persen atlet badminton dunia menggunakan raket Yonex. Pengalaman Yonex dalam mengembangkan dan memproduksi raket badminton telah menjadi alasan bagi para profesional dalam memilih Yonex sebagai raket andalan mereka.


Sobat Klub Sepuluh, bila anda menggemari olahraga badminton, kami harap artikel Top 10 Raket Badminton versi Klub Sepuluh diatas dapat membantu anda dalam menentukan raket apa yang akan anda pilih sebagai andalan.

0 Response to "Top 10 Raket Badminton Terbaik"

Posting Komentar