10 Penemu yang Tidak Dihargai

Sepanjang sejarah manusia, banyak sosok baik pria maupun wanita telah memberi kontribusi besar pada kemajuan teknologi serta berbagai aspek kehidupan seluruh umat manusia. Mereka memberi sumbangsih kepada dunia melalui keahlian masing-masing. Beberapa orang mendalami matematika, sementara yang lainnya melakukan pengembangan mesin-mesin berat atau perangkat musik. Semua kontribusi tersebut berasal dari pikiran inovatif sehingga umat manusia di seluruh dunia memperoleh manfaat serta mendapat kemudahan atas sesuatu yang sebelumnya dianggap mustahi. Sayangnya, banyak penemu yang telah berjasa besar bagi dunia hanya menerima sedikit atau bahkan sama sekali tidak dihargai sepanjang hidup mereka. Sosok-sosok tersebut kami rangkum dalam artikel 10 Penemu yang Tidak Dihargai.

penemu-yang-tidak-dihargai

Tanpa ide, pemikiran dan tindakan kreatif para penemu, entah bagaimana kehidupan manusia saat ini. Melalui mereka, saat ini kita bisa melakukan segala hal dengan mudah. Coba bayangkan seandainya pesawat terbang, mobil, telepon, atau hal kecil seperti kalender tidak ditemukan sampai saat ini. Akankah Sobat Klub Sepuluh dapat mengakses internet dengan mudah atau mampu dengan cepat menyelesaikan segala pekerjaan? Pastinya kita harus berterima kasih kepada mereka yang telah menyumbangkan buah pikiran dalam bentuk penemuan-penemuan berguna. Klub Sepuluh mengajak, mari ingat dan hargai mereka yang telah berjasa membuat hidup kita jauh lebih mudah di jaman modern ini.


10. Peter Cooper - Penemu Lem

penemu-yang-tidak-dihargai

Orang pertama yang menemukan lem adalah Peter Cooper. Ia mematenkan sejenis lem berbahan dasar ikan. Mungkin anda belum pernah mendengar tentang Peter Cooper atau orang-orang yang mememukan bentuk lain dari lem. Sebenarnya manusia telah menggunakan lem berabad-abad yang lalu di jaman Yunani kuno. Tapi Peter Cooper berjasa dalam menciptakan lem modern pertama seperti yang saat ini kita gunakan sehari-hari. Coba bayangkan bagaimana jadinya kehidupan kita tanpa bahan perekat tersebut. Hampir semua benda yang ada disekitar kita menggunakan lem dalam proses pembuatannya. Termasuk komputer, tablet atau ponsel yang saat ini anda gunakan untuk membaca artikel ini.


9. Gideon Sundback - Penemu Ritsleting

penemu-yang-tidak-dihargai

Ritsleting mungkin tidak tampak seperti sebuah penemuan yang penting bagi kebanyakan orang. Namun manfaat benda kecil ini sangat terasa dalam kehidupan manusia di seluruh dunia terutama sebagai bagian penting dari pakaian kita. Ritsleting modern diciptakan oleh Gideon Sundback pada tahun 1917. Awalnya, ritsleting tidak diadopsi ke dalam industri pakaian, karena orang-orang merasa risleting tampak terlalu kasar untuk secara efektif digunakan sebagai bagian dari pakaian apapun. Secara perlahan risleting menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia dengan mulai digunakan dalam pembuatan sepatu dan kantong tembakau. Kemudian, risleting mulai menemukan tempatnya dalam industri pakaian ketika BF Goodrich menggunakannya pada sebagian besar pakaian produksi mereka.


8. Walter Hunt - Penemu Peniti

penemu-yang-tidak-dihargai

Walter Hunt adalah seorang ahli mekani asal Amerika yang lahir di New York pada tahun 1796. Sepanjang hidupnya ia bekerja sebagai seorang penemu dan berhasil menciptakan beragam peralatan. Mesin jahit lockstitch, pengasah pisau, bel trem, batu buatan, mesin penjapu jalan, dan alat pembajak es merupakan sebagian contoh penemuannya. Namun penemuan Walter Hunt yang paling fenomenal dan mempengaruhi kehidupan manusia adalah peniti. Walaupun sederhana, proses penciptaan peniti tidaklah semudah yang dibayangkan. Demikian juga dengan manfaat yang didapatkan oleh umat manusia di seluruh dunia dari benda kecil ini. Walaupun Walter Hunt telah berjasa dengan banyak penemuan berguna yang ia sumbangkan bagi kemajuan kehidupan manusia, namun tak satupun penghargaan atau kekayaan diberikan kepadanya.


7. George de Mestral - Penemu Velcro

penemu-yang-tidak-dihargai

Velcro mungkin sesuatu yang biasa buat anda. Alat perekat sederhana yang dapat digunakan berulang kali biasa kita temukan pada pakaian, sepatu atau tas tersebut tidak pernah dianggap serius. Bahkan, ide awal penciptaan velcro juga menerima banyak cemoohan. George De Mestral penemu velcro sering mendapat penolakan dari banyak pihak karena ciptaannya tersebut kurang estetis dan gampang aus. Velcro generasi pertama yang menggunakan bahan wol dan kulit memang dikenal mudah aus dan kehilangan daya rekatnya. Namun tanpa mengenal lelah, George de Mestral terus menyempurnakan karyanya.

Setelah velcro menjadi jauh lebih baik dan mulai banyak dipakai dalam berbagai industri, sang pencipta malah harus berjuang mendapatkan hak paten atas velcro sampai ia meninggal pada tahun 1978 di kota Commugny Swiss. Akhirnya pada tahun 1999, pemerintah kota Commugny mengabadikan George de Mestral sebagai nama sebuah jalan dan diabadikan pada Inventor Hall of Fame.


6. Henry Heyl - Penemu Stapler

penemu-yang-tidak-dihargai

Prinsip kerja staple, atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai kokot, sebenarnya telah dikenal manusia sejak jaman kerajaan Persia kuno, sekitar tahun 600 Sebelum Masehi. Saat itu, mereka menggunakan lempengan logam yang memiliki tekukan pada kedua ujungnya untuk menyatukan dua lempengan batu dalam konstruksi bangunan. Sebelum stapler ditemukan, guna mengaplikasikan staple, umumnya digunakan sebuah palu untuk memberikan tekanan pada lempengan logam tersebut. Kemudian diperkenalkanlah staple gun yang dapat menembakan lempengan kokot sebelum kemudian dipukul dengan palu untuk menyempurnakan tekanan serta kekuatan cengkramannya.

Semua metode tersebut sangatlah tidak praktis dan hasilnya kurang rapi, selain bahkan bisa menimbulkan kerusakan pada media yang disatukan dengan staple. Barulah pada tahun 1877, seorang penemu asal Amerika Serikat bernama Henry Heyl mematenkan stapler yang berukuran kecil dan praktis yang mampu menancapkan kokot dengan lebih presisi dan rapi. Mungkin bagi anda stapler merupakan alat kantor atau rumah yang sepele. Tapi coba bayangkan bila Henry Heyl sang penemu stapler tidak pernah ada. Haruskah kita menggunakan palu hanya untuk menyatukan beberapa lembar kertas?

5. Ada Lovelace - Penemu Program Komputer

penemu-yang-tidak-dihargai

Anda mungkin berpikir bahwa program komputer yang kita kenal saat ini bermula dari Bill Gates. Mungkin anda akan sangat terkejut bila mendengar fakta bahwa penemu program komputer pertama adalah seorang wanita bernama Ada Lovelace. Ya, Ada Lovelace, yang merupakan putri sulung Lord Byron, seorang penyair legendaris Inggris, tokoh masyarakat terkemuka dan pelopor Pergerakan Romantis dalam dunia sastra. Ada Lovelace, merupakan ahli matematika, menulis algoritma yang dapat dilakukan oleh sebuah mesin atau dapat disebut sebagai program koputer pertama pada tahun 1843. Ia menulis algoritma tersebut berdasarkan bahan kuliah sahabatnya, Charles Babbage, tentang analytical engine, sebuah mesin yang dapat melakukan perhitungan persamaan-persamaan algoritma dan trigonometri.

Sampai akhirnya meninggal pada usia 36 tahun akibat kanker, Ada Lovelace tidak pernah memperoleh pengakuan atas buah pikirannya tersebut yang telah menjadi dasar program komputer modern. Baru pada tahun 1950an, ketika tulisan-tulisan Ada Lovelace diterbitkan, para ilmuwan mengakui bahwa kejeniusan wanita tersebut merupakan pencetus pemrograman komputer.


4. Nathan B. Stubblefield - Penemu Ponsel

penemu-yang-tidak-dihargai

Pernah terbayangkan hidup anda di jaman modern ini tanpa posel? Perangkat telekomunikasi nirkabel tersebut memang telah menjadi kebutuhan pokok bagi milyaran masyarakat dunia saat ini. Tapi tahukah anda bahwa penemu ponsel pertama meninggal dunia akibat kelaparan? Sangat tragis memang, ketika hasil penemuannya saat ini menjadi bisnis triliunan dolar, Nathan B. Stubblefield sang penemu posel pertama malah menemui ajalnya akibat kelaparan dan kemiskinan.

Nathan B. Stubblefield adalah seorang petani melon asal negara bagian Kentucky, Amerika Serikat. Pada tahun 1892, ia memperkenalkan perangkat pengirim suara yang bekerja melalui frekuensi audio induksi bumi alih-alih melalui frekuensi radio seperti karya William Preece, Alexander Graham Bell dan Charles Sumner. Nathan B. Stubblefield yang sama sekali tidak memiliki latar belakang pendidikan formal dalam bidang elektronika atau fisika, telah ditipu mentah-mentah oleh orang-orang yang menggunakan penemuannya untuk kepentingan mereka sendiri. Sementara NBC berhasil menguasai Amerika dengan karyanya, Nathan B. Subblefield yang terpuruk dalam kemiskinan mengucilkan diri di sebuah gunung dan mati karena kelaparan pada tahun 1829.


3. Philo Farnsworth - Penemu Televisi

penemu-yang-tidak-dihargai

Televisi juga telah menjadi salah satu kebutuhan pokok kehidupan manusia modern. Tidak hanya sebagai sarana mendapatkan informasi, namun juga sebagai hiburan dan alat kerja. Tapi apakah anda pernah mendengar nama Philo Farnsworth penemu televisi pertama? Philo Farnsworth adalah seorang penemu dari Amerika Serikat yang sepanjang hidupnya menghasilkan sekurangnya 2 penemuan penting bagi kehidupan umat manusia. Dia dikenal sebagai orang pertama yang menciptakan perangkat televisi elektronik dan juga salah satu pencetus ide energi nuklir melalui fusi yang disebut Farnsworth-Hirsch Fusor, sebuah perangkat yang bisa menghasilkan elektron melimpah dan menjadi dasar bagi desain fusi modern.

Philo Farnsworth memegang 165 paten, terutama di bidang radio dan televisi. Namun sampai kematiannya di tahun 1971, tak satupun penghargaan diterima Philo Farnsworth yang telah berjasa bagi kehidupan umat manusia di seluruh dunia tersebut. Baru pada tahun 2006 orang-orang menyadari peran besar Philo Farnsworth dengan menganugerahkan penghargaan Eagle Scout Award yang diterima oleh istrinya.


2. Giovanni Caselli - Penemu Mesin Faks

penemu-yang-tidak-dihargai

Sebuah kejadian pada tahun 1847 di stasiun kereta api kota Lyon, Perancis menggambarkan betapa pentingnya penemuan Giovanni Caselli sang penemu mesin faks. Saat itu seorang pegawai membawa kabur sejumlah uang dari perusahaannya dari Paris. Tidak diragukan lagi bahwa ia berpikir akan berhasil dengan waktu berpihak padanya. Namun ketika turun di Lyon, ia telah ditunggu oleh sekelompok polisi dan detektif yang langsung membekuknya. Salah satu dari mereka melambaikan potret dirinya yang diterima dari Paris. Gambar tersebut dikirim melalui jaringan kabel telegram.

Adalah Giovanni Caselli, seorang penulis novel yang pertama kali mencetuskan ide pengiriman gambar melalui jaringan telegram. Prinsip kerja yang belum pernah terpikirkan sebelumnya itu merupakan prinsip kerja dasar mesin faks modern. Saat itu ciptaan Giovanni Caselli tersebut dinamakan Pantelegraph. Pantelegraph beroperasi di Perancis sampai tahun 1870 ketika Perancis diinvasi oleh Prusia.


1. Lagari Hasan Celebi - Penemu Roket

penemu-yang-tidak-dihargai

Lagari Hasan Celebi sang penemu roket adalah adik kandung dari Hezarfen Ahmed Celebi, yang dianggap sebagai manusia pertama yang berhasil menciptakan alat untuk terbang. Hezarfen Ahmed Celebi terbang meninggalkan Baghdad dengan mesin terbang ciptaannya melintasi Selat Bosphorus menuju benua Eropa. Namun keberhasilannya menjadi manusia pertama yang berhasil terbang tidak disukai oleh pihak kerajaan sehingga ia diusir dari Baghdad. Sekitar satu tahun setelah penerbangan sang kakak, Lagari Hasan Celebi menciptakan roket pertama di dunia sebagai bagian perayaan kelahiran putri Sultan Baghdad.

Lagari Hasan Celebi meluncurkan roket ciptaannya dari pantai yang terletak dibawah istana Topkapi. Namun nasibnya tak berbeda dengan Hezarfen Ahmed Celebi, ia diusir dari kerjaan dan diasingkan di pesisir Kroasia. Disana ia terus melakukan penelitian dan pengembangan atas roket ciptaannya.


Sobat Klub Sepuluh, sudah sepantasnya kita menghormati dan berterima kasih kepada orang-orang yang telah berjasa besar bagi kehidupan kita saat ini, termasuk mereka yang ada dalam daftar 10 Penemu yang Tidak Dihargai persembahan Klub Sepuluh. Karena tanpa buah pikiran dan karya mereka, kehidupan kita tidak mungkin semudah sekarang.

0 Response to "10 Penemu yang Tidak Dihargai"

Posting Komentar