10 Pemilik Klub Sepakbola Terkaya

Sepakbola modern merupakan sebuah industri bergelimang uang. Pendapatan sebuah klub sepakbola baik dari hak siar televisi, sponsor, penjualan merchandise sampai match fee dari asosiasi penyelenggara kompetisi memang sangat menggiurkan. Maka tak heran orang-orang kaya dalam daftrar 10 Pemilik Klub Sepakbola Terkaya versi Klub Sepuluh ini berani menginvestasikan milyaran dolar uangnya untuk membeli kepemilikan sebuah klub.

pemilik-klub-sepakbola-terkaya

Memiliki sebuah klub sepakbola layaknya menjalankan perusahaan multi internasional. Sang pemilik bisa saja mengalami kerugian bila dana yang diinvestasikan tidak berbuah keuntungan. Namun yang pasti, dengan dimiliki oleh seorang bermodal kuat, sebuah klub sepakbola menjadi lebih leluasa dalam belanja pemain. Walaupun ada juga pemilik klub yang terkenal pelit dalam menggelontorkan dana bagi klubnya.

Berikut ini tim Klub Sepuluh menyusun daftar 10 Pemilik Klub Sepakbola Terkaya di dunia khusus untuk Sobat semua.


10. John Fredriksen - Valerenga Fotball

pemilik-klub-sepakbola-terkaya

Pria berkewarganegaraan Cyprus ini merupakan pengusaha kapal tanker, kilang minyak, peternakan ikan dan perusahaan pengapalan. Armada kapal tanker miliknya adalah yang terbesar di dunia. Sebetulnya dia merupakan warga negara terkaya Norwegia. Namun dia memutuskan untuk meninggalkan negara kelahirannya itu dan menjadi warga Cyprus sejak tahun 2006.

John Fredriksen lahir di kota Oslo, Norwegia pada tanggal 10 Mei 1944. Dia merupakan pemilik klub Liga Utama Norwegia (Tippeligaen) Valerenga Fotball. Klub ini telah memiliki lima gelar juara liga, empat gelar Piala Norwegia dan menjadi langganan kompetisi UEFA Champions League.

John Fredriksen muda mengikuti jejak ayahnya yang seorang tukang las bekerja pada sebuah galangan kapal. Saat menginjak usia 27 tahun, ia memulai usahanya sendiri. Lonjakan bisnisnya dimulai saat terjadinya perang Irak-Iran di era tahun 1980an. Dimana pada waktu itu kapal-kapal tanker miliknya dengan berani mengambil minyak dari Iran dengan menempuh perjalanan beresiko tinggi namun memberi keuntungan yang luar biasa.

Pemilik perusahaan investasi Hemen Holdings dan Meisha yang mengontrol operasional perusahaan-perusahaan miliknya seperti  Frontline dan Golar LNG dari kota London ini memiliki total kekayaan senilai $11.9 miliar yang menempatkannya sebagai orang terkaya nomer 9 di Inggris.


9. Roman Abramovich - Chelsea FC.

pemilik-klub-sepakbola-terkaya

Pengusaha minyak asal Rusia ini membeli kepemilikan klub Liga Primer Inggris, Chelsea pada bulan Juni 2003 dari pemilik sebelumnya, Ken Bates. Dibawah kepemilikan pria yang lahir pada tanggal 24 Oktober 1966 di kota Saratov ini, Chelsea menjadi raksasa baru Liga Primer dan Eropa.

Pemilik nama lengkap Roman Arkadyevich Abramovich ini sebelumnya berdinas pada Angkatan Bersenjata Uni Sovyet. Setelah mundur sebagai tentara, Roman mulai menjadi pedagang kaki lima kemudian beralih profesi menjadi seorang mekanik pada sebuah pabrik. Saat puncak goyahnya Uni Sovyet, Roman berjualan mainan bebek karet impor di apartemennya.

Pecahnya Uni Sovyet pada tahun 1988 membuka peluang untuk para pengusaha seperti Roman untuk mengembangkan bisnisnya. Bersama istrinya dia mulai merintis pabrik pembuatan boneka dan berinvestasi pada sektor lainnya dari minyak sampai pertenakan babi. Pada awal era tahun 1990an, Roman membeli setidaknya 20 perusahaan dengan berbagai bidang usaha. Dari tahun 1992 sampai 1995, dia mendirikan 5 perusahaan yang bergerak dibidang produksi barang-barang kebutuhan pokok, perdagangan, namun yang utama adalah produksi dan pemasaran minyak.

Saat ini pemilik perusahaan investasi pribadi bernama Millhouse LLC itu memiliki nilai kekayaan tak kurang dari $14.6 miliar dan menempatkannya dalam daftar 50 manusia terkaya di dunia.


8. Paul Allen - Seattle Sounders FC.

pemilik-klub-sepakbola-terkaya

Paul Gardner Allen lahir di kora Seattle, negara bagian Washington, Amerika Serikat pada tanggal 21 Januari 1953. Dia merupakan salah satu pendiri Microsoft bersama manusia terkaya di dunia, Bill Gates. Ya, Paul dan Bill Gates telah berkawan karib sejak mereka sama-sama bersekolah di Lakeside School. Mereka berdua dikenal jenius. Bahkan saat ujian akhir kelulusan, Paul mendapat angka sempurna, 1600 dan membawanya untuk melanjutkan studi di Washington State University.

Melalui perusahaannya, Vulcan Sports & Entertainment, Paul Allen memegang sebagian besar kepemilikan klub sepakbola Seattle Sounders FC yang berkompetisi dalam liga sepakbola Amerika, Major League Soccer. Kandang Seattle Sounders sejak tahun 2009 yaitu CenturyLink Field Stadium juga merupakan milik Paul. Selain Sounders, pria yang pernah mengidap kanker ini juga merupakan pemilik dari tim basket NBA Portland Trail Blazers dan tim NFL, Seattle Seahawks yang dibelinya pada tahun 1997.

Pendiri perusahaan multi-miliar-dolar Vulcan Inc. yang juga terkenal sebagai pemain gitar handal ini memiliki kekayaan bersih senilai $15 miliar.


7. François-Henri Pinault - Stade Rennais F.C.

pemilik-klub-sepakbola-terkaya

Dia merupakan CEO dari Kering, sebuah perusahaan yang membawahi berbagai brand fashion kelas dunia seperti  Alexander McQueen, Balenciaga, Bottega Veneta, Brioni, Girard-Perregaux, Gucci, Puma, Saint Laurent Paris, Sergio Rossi, Volcom dan Stella McCartney. Lahir di kota Rennes, Perancis pada 28 Mei 1962, pria yang biasa dipanggil sebagai FHP ini merupakan suami dari aktris top Hollywood, Salma Hayek yang dinikahinya pada tahun 2009.

FHP berkenalan dengan dunia fashion saat berdinas di French Consulate Economic Expansion milik angkatan bersenjata Perancis untuk mempelajari fashion dan teknologi di kota Los Angeles, negara bagian California, Amerika Serikat setelah lulus dari HEC School of Management di tahun 1985. Pada bulan Mei tahun 2003, ayahnya, François Pinault, memberikannya kursi kepemimpinan perusahaan yang didirikannya yaitu Groupe Artémis. Perusahaan ini merupakan pemilik rumah lelang terbesar di dunia, Christie's yang berlokasi di kota New York.

Sejak saat itulah bisnisnya meroket hingga diangkat menjadi CEO Kering pada tahun 2005 dan presiden produsen produk olahraga Jerman, Puma pada tahun 2007. Bersama FHP yang memiliki minat besar pada teknologi internet, Kering meraih kesuksesan setelah meluaskan pemasaran melalui media ini. Saat ini nilai kekayaan bersih François-Henri Pinault berada di kisaran angka $15 miliar.

Pria yang pernah berkencan dengan supermodel Linda Evangelista ini, merupakan pendiri dari Electronic Business Group yang memiliki klub sepakbola Ligue 1, Stade Rennais F.C. Klub yang telah dua kali menjadi kampiun Ligue 1, dan pemilik dua gelar Piala Perancis ini dibeli FHP pada tahun 2000.


6. Rinat Akhmetov - Shakhtar Donetsk

pemilik-klub-sepakbola-terkaya

Rinat Akhmetov merupakan pendiri dan presiden dari System Capital Management Group, yang sejak didirikan pada tahun 2000 telah menjelma menjadi firma finansial dan industri terbesar di Ukraina dengan membawahi lebih dari 100 perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, real estate, bank, asuransi, telekomunikasi, pembangkit listrik, media dan lain-lain. System Capital Management Group saat ini memiliki total aset senilai lebih dari $23 miliar.

Rinat Leonidovych Akhmetov lahir pada tanggal 21 September 1966 di kota Donetsk, Ukraina. Ayahnya seorang penambang batu bara, sedangkan ibunya bekerja sebagai pelayan pada sebuah toko. Asal mula datangnya kesuksesan dan kekayaan Rinat dihubung-hubungkan dengan organisasi kriminal saat era keruntuhan Uni Sovyet.

Yang jelas, pada tahun 1995, pemilik klub sepakbola Shakhtar Donetsk sekaligus guru bagi Rinat, Akhat Bragin, meninggal dunia akibat serangan bom di dalam stadion saat berjalannya pertandingan. Posisi Akhat Bragin yang terlibat konflik panjang dengan sejumlah bos mafia Ukraina itu lalu digantikan oleh Rinat. Pun harta peninggalan Akhat Bragin diwariskan pada Rinat yang sempat disebut-sebut berada di belakang peristiwa pembunuhan Akhat Bragin.

Pemilik dan presiden klub sepakbola FC Shakhtar Donetsk, yang berkompetisi di Liga Primer Ukraina dan telah meraih 8 gelar, 9 gelar juara Piala Ukraina, juga 1 gelar Liga Europe pada tahun 2009 ini memiliki nilai kekayaan sebesar $15.4 miliar.

5. Lakshmi Mittal - Queens Park Rangers FC.

pemilik-klub-sepakbola-terkaya

Queens Park Rangers FC yang berdiri pada tahun 1882 dan bermarkas di Loftus Road Stadium merupakan klub yang berkompetisi di kasta kedua Liga Inggris, divisi Championship. Tony Fernandes, pemilik maskapai penerbangan Air Asia menguasai 66% saham klub yang berkostum garis-garis putih-biru ini. Sedangkan 34% dimiliki konglomerat asal India, Lakshmi Mittal.

Lakshmi Niwas Mittal yang kini menetap di London lahir di kota Sadulpur, provinsi Rajasthan, India pada tanggal 2 September 1950. Ia lahir menjadi bagian dari sebuah keluarga pengusaha India. Ayahnya, Mohan Lal Mittal, merupakan pengusaha baja dengan perusahaannya yang bernama Nippon Denro Ispat. Pada tahun 1976, Lakhsmi yang masih berusia 26 tahun membuka pabrik baja pertamanya di kota Sidoarjo, Jawa Timur dengan nama PT. Ispat Indo.

Sebelum membeli klub Queens Park Rangers, Pria yang sempat menduduki posisi manusia terkaya keenam di tahun 2011 ini berniat membeli klub Inggris lainnya yaitu Wigan Athletics atau Everton FC. Namun akhirnya Lakhsmi yang memiliki nilai kekayaan sebesar $16 miliar itu memutuskan untuk membeli saham berjuluk The Hoops dan bergabung sebagai pemilik bersama Flavio Briatore dan sahabat karibnya, bos Formula 1, Bernie Ecclestone pada 20 Desember 2007.


4. Alisher Usmanov - Arsenal FC.

pemilik-klub-sepakbola-terkaya

Dialah orang terkaya Rusia. Lahir di kota Chust, provinsi Namangan, Uzbekishtan pada 9 September 1953 dengan nama lengkap Alisher Burkhanovich Usmanov. Pria muslim yang beristrikan seorang wanita yahudi ini sebenarnya bercita-cita menjadi seorang diplomat. Ia pun belajar di Moscow State Institute of International Relations dan lulus dari Fakultas Hukum Internasional pada tahun 1976.

Usaha yang mendatangkan kekayaan baginya terutama berasal dari usaha pengolahan logam, pertambangan dan investasi melalui perusahaan Metalloinvest. Selain pertambangan, ia juga memiliki berbagai usaha di bidang- bidang seperti penerbitan dengan mendirikan perusahaan Kommersant Publishing Houses, menjadi salah satu pemilik operator seluler terbesar Rusia, MegaFon, memiliki saham terbesar pada Digital Sky Technologies, dan memiliki kepemilikan pada perusahaan-perusahaan blue chip seperti Facebook, Twitter, Groupon, Zynga, AirBnB, ZocDoc, Alibaba, 360buy dan Apple.

Pada bulan Agustus tahun 2007, Alisher membeli kepemilikan 15% klub Liga Primer Inggris, Arsenal FC. dengan nilai 75 juta poundsterling. Dan pada 16 Februari 2009 sahamnya pada klub yang bermarkas di kota London ini telah mencapai 25%. Saat seorang pengusaha asal Amerika Serikat, Stanley Kroenke, yang menguasai saham terbesar Arsenal yaitu mencapai 62% berniat untuk membeli saham yang dimilik Alisher, pria Rusia ini menolak dan tetap mempertahankan kepemilikannya pada klub.

Alisher Usmanov yang bersahabat dengan Roman Abramovich dan memiliki nilai kekayaan sebesar $19.6 miliar itu kerap mengkritik kebijakan klub yang dianggapnya tidak memiliki ambisi untuk meraih prestasi dan hanya berpikir untuk memperoleh keuntungan finansial semata.


3. George Soros - Manchester United

pemilik-klub-sepakbola-terkaya

Pemilik nama asli Schwartz György ini terkenal dengan aksinya dalam membuat Bank of England bankrut dimana ia menjual mata uang poundsterling miliknya senilai $10 miliar dalam waktu singkat untuk memperoleh keuntungan $1 miliar pada tahun 1992. Ia juga sempat dituduh sebagai biang keladi dari krisis ekonomi yang melanda negara-negara Asia pada tahun 1997

Warga negara Amerika Serikat ini lahir di kota Buapest, Hungaria pada 12 Agustus 1930. Ia bermigrasi ke Inggris pada tahun 1947 dan bekerja sebagai porter dan pelayan pada stasiun kereta api sambil kuliah di London School of Economics. George Soros mendapatkan gelar BSc dalam bidang Filosofi pada tahun 1951 dan PhD pada tahun 1954 dari sekolah tersebut. Kemudian pada tahun 1956 dia pindah ke kota New York dan perjalanan karir dan bisnisnya di bidang jual-beli saham yang cemerlang dimulai.

Pada tanggal 21 Agustus 2012, BBC memberitakan bahwa Soros membeli sekitar 2% atau 3,1 juta lembar saham kepemilikan klub Liga Primer Inggris, Manchester United. Pemilik Soros Fund Management yang sepanjang rentang antara tahun 1979 sampai 2011 telah menyumbang tak kurang dari 8 miliar dolar untuk program hak asasi manusia, kesehatan masyarakat, dan pendidikan ini memiliki nilai kekayaan mencapai $23 miliar dolar.


2. Amancio Ortega - Deportivo de la Coruna

pemilik-klub-sepakbola-terkaya

Dia adalah pemilik dari klub sepakbola yang memiliki 1 gelar La Liga dan 2 gelar Copa Del Rey. Pria Spanyol kelahiran 28 Maret 1936 di kota Busdongo de Arbás dan pindah ke kota A Coruña saat berusia 14 tahun ini memiliki nama lengkap Amancio Ortega Gaona. Ia adalah pendiri sekaligus pemimpin group fashion Inditex yang membawahi brand pakaian dan jaringan toko fashion, Zara.

Saat remaja, mulanya Amancio bekerja pada sebuah perusahaan pembuat pakaian lokal di A Coruña bernama Gala. Pada tahun 1972 ia mendirikan Confecciones Goa yang memproduksi dan memasarkan jubah mandi dengan memperkerjakan ribuan perempuan di kota tersebut. Lalu pada tahun 1975 dia membuka toko Zara pertama. Saat ini Zara telah memiliki lebih dari 6.000 toko dengan jumlah karyawan lebih dari 92.000 orang dan membawahi brand-brand seperti Zara, Massimo Dutti, Oysho, Zara Home, Kiddy's Class, Tempe, Stradivarius, Pull and Bear, dan Bershka.

Amancio Ortega adalah sosok yang low profile. Tidak satupun fotonya terpublikasikan sampai tahun 1999. Ia selalu menghabiskan waktu makan siangnya bersama para karyawan-karyawannya. Pemilik klub sepakbola Deportivo de la Coruna yang kini berlaga di Segunda División Spanyol setelah pada tahun 2013 terdegradasi dari La Liga ini selalu menolak mengenakan dasi. Dan pakaian sehari-hari yang dikenakan pemilik kekayaan senilai $64 miliar tidak satupun merupakan produk Zara.


1. Carlos Slim Helú - CF Pachuca & Club Leon

pemilik-klub-sepakbola-terkaya

Inilah pemilik klub sepakbola dengan nilai kekayaan tertinggi. Carlos Slim Helú, lahir di Mexico City, Meksiko pada tanggal 28 Januari 1940. Namanya sempat menjadi pemuncak daftar manusia terkaya di dunia pada tahun 2012-2013 sebelum direbut oleh Bill Gates.
Carlos merupakan pengusaha yang bergerak di bidang komunikasi, teknologi, ritel dan finansial melalui perusahaan konglomeratnya, Grupo Carso, SA de CV. Ia merupakan presiden dari perusahaan komunikasi Telmex and América Móvil yang merupakan operator telpon seluler terbesar di Amerika Latin.

Carlos yang mendapat pendidikan dasar-dasar berbisnis dari ayahnya telah memulai membangun kekayaannya sejak berusia 12 tahun, dimana saat itu ia membeli saham sebuah bank di Meksiko. Saat memasuki usia 17 tahun, Carlos bekerja pada perusahaan milik ayahnya dengan gaji 200 peso perminggu. Ia lalu kuliah di Fakultas Teknik Sipil pada National Autonomous University of Mexico. Setelah lulus kuliah, ia memulai karir sebagai pedagang saham untuk menajamkan naluri bisnisnya sebelum mendirikan perusahaan investasinya sendiri yang bergerak di bidang konstruksi, manufaktur, ritel dan restoran. Pada tahun 1966 perusahaannya telah bernilai $40 juta.

Dia menjadi pemilik dua klub Liga Primer Meksiko (Liga MX) setelah mengakuisisi 30% saham Grupo Pachuca yang memiliki klub sepakbola CF Pachuca dan Club Leon. Nilai kekayaan bersih pria berdarah Lebanon ini adalah sebesar $71,2 miliar.


Sobat Klub Sepuluh, semoga apa yang dicontohkan oleh 10 Pemilik Klub Sepakbola Terkaya versi Klub Sepuluh diatas bisa kita jadikan pelajaran sehingga kita tidak hanya menjadi penonton sepakbola tapi juga bisa menjadi pemilik klub sepakbola.

0 Response to "10 Pemilik Klub Sepakbola Terkaya"

Posting Komentar