Top 10 Negara dengan Koneksi Internet Tercepat

Koneksi internet telah menjadi bagian hidup masyarakat dunia yang tidak dapat dipisahkan. Karena internet, dunia terasa semakin sempit, dimana semua manusia yang terpisah jarak puluhan ribu kilometer dapat berbagi kabar berita hanya dalam hitungan detik dengan memanfaatkan internet. Beberapa negara di dunia telah sedemikian maju dalam menerapkan teknologi internet sehingga memiliki kecepatan akses yang tinggi. Top 10 Negara dengan Koneksi Internet Tercepat di dunia dapat anda temukan dalam artikel ini.

negara-dengan-koneksi-internet-tercepat

Kecepatan koneksi internet di berbagai negara diukur berdasarkan kecepatan rata-rata koneksi puncak. Kecepatan rata-rata koneksi tersebut diukur dari semua alamat IP yang terdaftar di wilayah tertentu. Tiap negara memiliki memiliki kapasitas yang berbeda dalam teknologi internet, termasuk penggunaan kabel serat optik berkecepatan tinggi. Negara mana saja yang teknologi dan kecepatan koneksi internetnya paling hebat di dunia? Mari kita simak daftarnya.


10. Singapura

negara-dengan-koneksi-internet-tercepat

Negara tetangga kita ini dianggap sebagai salah satu pusat teknologi terkaya di seluruh dunia. Singapura menawarkan kecepatan koneksi internet rata-rata 30,7 Mbps yang hampir dua kali lipat rata-rata kecepatan puncak internet global. Di Singapura terdapat enam operator penyedia layanan internet dengan lebih dari 300.000 pengguna broadband. Kecepatan internet yang tinggi tersebut ditopang oleh jaringan serat optik berkecepatan ultra-tinggi yang diluncurkan pada tahun 2010.


9. Israel

negara-dengan-koneksi-internet-tercepat

Menempati posisi kesembilan daftar Top 10 Negara dengan Koneksi Internet Tercepat di dunia adalah negara zionis, Israel. Israel yang merupakan negara Timur Tengah memiliki kecepatan koneksi internet rata-rata 30,9 Mbps. Israel termasuk salah satu dari sedikit negara yang berhasil mengembangkan jaringan broadband yang mencakup 95% populasi penduduknya. Di negara ini layanan internet disediakan melalui infrastruktur kabel dan telepon oleh dua perusahaan besar dalam bidang komunikasi, yatu HOT dan Bezeq.


8. Bulgaria

negara-dengan-koneksi-internet-tercepat

Bulgaria memiliki kecepatan koneksi internet broadband mulai 32,1 Mbps. Hal tersebut membuat Bulgaria sebagai salah satu negara dengan koneksi internet tercepat di dunia. Di negeri ini, sekitar 50% pengguna internet menggunakan jaringan area lokal. Asymmetric digital subscriber line diperkenalkan di Bulgaria seiring dengan liberalisasi pasar telekomunikasi yang telah meningkatkan kemampuan transmisi data.


7. Swiss

negara-dengan-koneksi-internet-tercepat

Swiss merupakan salah satu negara yang memiliki tingkat penetrasi jaringan broadband dan internet tertinggi di benua Eropa. Saat ini, Swiss memiliki tingkat kecepatan koneksi internet rata-rata 32,4 Mbps. Sistem koneksi internet ADSL dan VDSL sangat populer di negara yang menduduki posisi ketujuh dalam daftar Top 10 Negara dengan Koneksi Internet Tercepat di dunia ini, tetapi kebanyakan pelaku bisnis bergantung pada koneksi satelit dan xDSL dikarenakan biaya kedua sistem koneksi internet tersebut sangat terjangkau.


6. Belgia

negara-dengan-koneksi-internet-tercepat

Ketika sistem koneksi internet ADSL pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999 di Belgia, kecepatan koneksi internet rata-rata meningkat menjadi 32,7 Mbps. Hal tersebut membuat Belgia menjadi salah satu negara dengan koneksi internet tercepat di dunia dengan kecepatan download rata-rata antara 5GB dan 500GB perbulan. Selain itu, Belgia juga memiliki jaringan kabel yang memiliki kecepatan koneksi internet bervariasi antara 512 Kbps sampai 100 Mbps.


5. Republik Ceko

negara-dengan-koneksi-internet-tercepat

Republik Ceko memiliki kecepatan koneksi internet puncak rata-rata 6,7 Mbps dan merupakan salah satu yang tercepat di benua Eropa. Kecepatan rata-rata koneksi internet di negara itu berkisar antara 1-120 Mbps, dengan cable internet menjadi sistem koneksi paling populer di kalangan pelanggan internet di negara yang menduduki posisi kelima daftar Top 10 Negara dengan Koneksi Internet Tercepat di dunia tersebut.


4. Irlandia

negara-dengan-koneksi-internet-tercepat

Di Irlandia, kecepatan koneksi internet rata-rata adalah 6,8 Mbps, hal tersebut membuat Irlandia menjadi salah satu negara dengan koneksi internet tercepat. Lebih dari 50% total penduduk Irlandia dapat mengakses internet dengan kecepatan berkisar antara 70 sampai 100 Mbps melalui layanan broadband. Cable internet, fixed wireless, teknologi 3G dan DSL adalah sistem broadband yang paling populer di Irlandia.


3. Rumania

negara-dengan-koneksi-internet-tercepat

Bahkan setelah kecepatan koneksi internet puncak rata-rata mereka turun sebesar 3,2%, Rumania masih menjadi salah satu negara dengan konektivitas internet tercepat di dunia. Rumania memiliki kecepatan puncak rata-rata sistem internet broadband 32,5 Mbps. Lebih dari setengah pelanggan internet di Rumania adalah pengguna sistem koneksi broadband. Hal ini disebabkan karena layanan broadband merupakan sistem yang paling populer di negera yang berada di posisi ketiga daftar Top 10 Negara dengan Koneksi Internet Tercepat di dunia ini. Kecepatan rata-rata koneksi internet di Rumania antara 2 sampai 120 Mbps.


2. Korea Selatan

negara-dengan-koneksi-internet-tercepat

Korea Selatan merupakan salah satu negara di Asia dengan konektivitas internet tercepat di dunia. Kecepatan koneksi internet puncak rata-rata Korea Selatan adalah 48,8 Mbps dan dapat dianggap sebagai nomor satu dunia dalam hal kecepatan koneksi internet dan konektivitas. Korea Selatan memiliki jaringan ADSL yang mampu memberikan kecepatan koneksi internet berkisar antara 2 sampai 8 Mbps.


1. Hong Kong

negara-dengan-koneksi-internet-tercepat

Hong Kong memiliki kecepatan koneksi internet puncak rata-rata 54,1 Mbps. Hal itu berarti, hanya butuh waktu sekitar empat menit untuk mengunduh sebuah film secara utuh. Hong Kong menyediakan layanan internet broadband dengan kecepatan berkisar antara 10 sampai 1000 Mbps. Layanan sistem koneksi internet broadband di negara yang berada di puncak daftar Top 10 Negara dengan Koneksi Internet Tercepat di dunia ini tersedia melalui infrastruktur jaringan yang disebut Fibre to Building and Fibre to Home. Koneksi internet di Hong Kong sangat impresif karena dukungan pemerintah yang kuat dan kepadatan penduduk yang tinggi. Dengan lebih dari 70% jumlah total penduduk menjadi pelanggan internet. Di Hong Kong tidak ada pemblokiran konten juga tidak ada lisensi yang diperlukan bila anda ingin mengoperasikan sebuah website.


Sobat Klub Sepuluh, bila anda termasuk orang yang mementingkan kecepatan koneksi internet diatas segalanya, mungkin salah satu negara dalam daftar Top 10 Negara dengan Koneksi Internet Tercepat di dunia di atas bisa menjadi tempat anda menetap.

0 Response to "Top 10 Negara dengan Koneksi Internet Tercepat"

Posting Komentar