10 Alasan Seks dapat Memperpanjang Umur Kita

Tidak ada yang dapat menyangkal bahwa seks membantu pasangan untuk saling terhubung satu sama lain pada tingkatan baru, dan memungkinkan pasangan untuk memiliki hubungan yang sehat. Tapi percaya atau tidak, seks sebenarnya dapat memperpanjang umur anda. Kenapa bisa begitu? Anda bisa temukan jawabannya dalam artikel 10 Alasan Seks Dapat Memperpanjang Umur Kita persembahan Klub Sepuluh.

10-alasan-seks-dapat-memperpanjang-umur-kita

Banyak sekali penelitian telah membuktikan bahwa seks yang teratur dapat memberikan segala macam manfaat bagi kesehatan, selain membantu anda menjalani hidup bahagia bersama pasangan. Bahkan, berhubungan seks secara teratur dapat membantu mengurangi stres, mengurangi rasa sakit, meningkatkan harga diri anda, dan hasil akhirnya adalah membantu anda hidup lebih lama. Berikut adalah daftar sepuluh alasan mengapa dengan aktif melakukan seks dapat memperpanjang umur kita.


1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

10-alasan-seks-dapat-memperpanjang-umur-kita

Menurut pakar kesehatan seksual, Yvonne K. Fulbright, orang-orang yang aktif secara seksual mengalami gangguan kesehatan lebih sedikit daripada mereka yang tidak secara aktif melakukan seks. Hal ini disebabkan karena orang yang berhubungan seks secara rutin, sebanyak satu atau dua kali dalam seminggu, memiliki 30 persen peningkatan hormon immunoglobulin A. Hormon tersebut merupakan agen antibodi yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh anda terhadap patogen.

Jadi selain mencuci tangan, mengkonsumsi makan sehat, dan berolahraga untuk menghindari tubuh terserang penyakit, mengapa tidak mencoba seks? Anda akan memiliki kesempatan yang lebih baik dalam menghindari serangan virus penyebab flu, misalnya.


2. Mengurangi Risiko Serangan Jantung

10-alasan-seks-dapat-memperpanjang-umur-kita

Menjalani gaya hidup yang aktif secara seksual tidak hanya baik untuk sistem kekebalan tubuh, namun juga baik untuk jantung anda. Penelitian menunjukkan bahwa berhubungan seks secara teratur dapat mengurangi risiko serangan jantung baik pada pria maupun wanita. Para peneliti di Queen's University, menemukan bahwa, hanya dengan melakukan hubungan seks sebanyak tiga kali seminggu dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung atau stroke sebanyak 50%.

Sebuah studi yang dilaporkan dalam American Journal of Cardiology, mengungkapkan bahwa selama studi berlangsung, seorang pria dengan aktivitas seksual hanya sekali dalam satu bulan atau kurang, memiliki 45% peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Jadi selain menjalani gaya hidup sehat, tambahkan seks rutin sebagai bagian gaya hidup tersebut. Maka jantung anda akan selalu sehat.


3. Mengurangi Rasa Sakit

10-alasan-seks-dapat-memperpanjang-umur-kita

Jika anda mengalami rasa sakit yang kronis, alih-alih meminum aspirin, cobalah untuk melakukan seks. Penelitian menunjukkan bahwa seks dapat memblokir nyeri dengan cara merangsang otak untuk melepaskan endorfin, yang merupakan penghilang rasa sakit alami. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Rutgers University, New Jersey, Amerika Serikat, para peneliti menemukan bahwa wanita dengan penyakit seperti arthritis dan whiplash mendapatkan ambang nyeri yang lebih tinggi melalui hubungan seks secara teratur. Selain membantu dengan nyeri arthritis, berhubungan seks juga dapat membantu mengurangi rasa sakit yang muncul akibat kram pada saat menstruasi, nyeri punggung, dan nyeri pada kaki.


4. Bentuk Lain dari Olahraga

10-alasan-seks-dapat-memperpanjang-umur-kita

Apakah anda merasa bosan melakukan olahraga yang sama dalam jangka waktu lama? Mengapa tidak mencoba menggantikan gym dengan berhubungan seks? Ketika kita melakukan hubungan seksual, tubuh membakar 85 sampai 250 kalori. Dan tidak saja hanya membakar kalori, seks juga membuat tubuh kencang dan meningkatkan fleksibilitas anda.

Sebuah penelitian di Kanada mengungkapkan, setengah jam aktivitas seksual bisa membakar kalori lebih banyak dari berjalan di treadmill dalam waktu yang sama. Bahkan hanya dengan melakukan seks selama 25 menit, rata-rata pria membakar 100 kalori, sedangkan wanita 69 kalori. Jadi, seks merupakan bentuk lain dari olahraga yang dapat menggantikan rutinitas anda mengunjungi gym atau sauna. Sebagai gantinya, anda bisa berolahraga sambil merasakan nikmatnya bercinta bersama pasangan anda.


5. Meningkatkan Kualitas Tidur

10-alasan-seks-dapat-memperpanjang-umur-kita

Apakah anda sering merasa kesal dengan pasangan yang terkantuk-kantuk setelah berhubungan seks? Ternyata, ada alasan ilmiah dibalik rasa kantuk yang menyerang seseorang setelah berhubungan seks. Menurut seorang psikiater ternama, Sheenie Ambardar, setelah mengalami orgasme, tubuh akan melepaskan hormon prolaktin yang bertanggung jawab atas munculnya perasaan relaks dan kantuk setelah berhubungan seks. Prolaktin membantu meningkatkan kualitas tidur kita dengan memicu munculnya perasaan yang jauh lebih tenang dari biasanya.


6. Meredakan Sakit Kepala

10-alasan-seks-dapat-memperpanjang-umur-kita

Ketika kepala terasa sakit, anda mungkin tidak dalam mood untuk melakukan hubungan seks dengan orang yang anda cintai. Tetapi penelitian telah membuktikan bahwa seks sebenarnya dapat meredakan sakit kepala. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Headache Clinic di Southern Illinois University, endorfin yang dilepaskan selama anda mengalami orgasme sangat mirip sifat dan efeknya dengan morfin. Yang mana hormon tersebut secara efektif mengurangi rasa sakit. Bahkan, para wanita yang berpartisipasi dalam penelitian ini, dimana setengah dari mereka menderita migrain kronis, mengatakan bahwa nyeri di kepala mereka sirna pasca melakukan hubungan seks.


7. Mengurangi Stres

10-alasan-seks-dapat-memperpanjang-umur-kita

Apakah anda stres karena memikirkan tentang presentasi yang harus anda lakukan di kantor esok pagi? Jangan bingung, sebab penelitian telah menunjukkan bahwa berhubungan seks secara teratur dapat membantu mengurangi stres. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of the West of Scotland, Orang-orang yang melakukan hubungan seksual setidaknya sekali dalam dua minggu, lebih mampu mengelola situasi yang dapat memicu munculnya stres. Contohnya seperti ketika anda harus berbicara di hadapan banyak orang.

Hal tersebut dimungkinkan akibat adanya salah satu bagian endorfin yang disebut oksitosin dilepaskan selama kita berhubungan seks. Hormon kecil yang menakjubkan itu membantu dalam mencegah munculnya kecemasan dan depresi sekaligus menciptakan perasaan relaks. Jadi, ketika anda memerlukan sarana pengurang stres, segera ajaklah pasangan anda untuk bercinta.


8. Membuat Anda Selalu Bahagia

10-alasan-seks-dapat-memperpanjang-umur-kita

Apakah anda kerap merasa tidak bahagia sehingga kurang berselera untuk melakukan aktifitas seks? Apakah tekanan hidup sehari-hari menjadi penghalang bagi kehidupan seks anda? Jawaban untuk masalah seperti ini sangatlah sederhana, lakukan lebih banyak seks.

Menurut pakar seks Lauren Streicher, dengan berhubungan seks lebih sering akan membuat seks itu sendiri lebih baik dan pada akhirnya akan meningkatkan libido yang memicu munculnya perasaan bahagia. Jadi, jika anda ingin bahagia dan selalu merasa bahagia, teruslah tingkatkan kuantitas aktifitas seks bersama pasangan. Serta raih semua manfaat bagi kesehatan lainnya yang ditawarkan seks. Hal tersebut akan membuat anda selalu bahagia selain mendapatkan dorongan seks yang lebih baik dan kehidupan seks yang lebih memuaskan.


9. Membuat Anda Awet Muda

10-alasan-seks-dapat-memperpanjang-umur-kita

Berhubungan seks secara teratur dapat membantu anda merasa dan terlihat lebih baik, karena efek menyamarkan keriput pada kulit yang dimiliki oleh aktifitas seks. Saat berhubungan seks, tubuh kita melepaskan hormon estrogen yang salah satu fungsinya adalah mencerahkan dan menyegarkan kulit. Menurut sebuah studi di Amerika hormon ini memiliki efek seperti tepukan pada kulit, yang membantu untuk menghaluskan keriput sehingga membuat anda awet muda.

Studi ini juga menemukan bahwa wanita yang melakukan hubungan seks secara teratur memiliki kadar estrogen dua kali lipat dibandingkan wanita yang tidak memiliki hubungan seks secara teratur. Seks juga dapat memberikan pancaran cahaya sehat pada wajah. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Rumah Sakit Royal Edinburgh, aktifitas seks memompa kadar oksigen pada tingkat yang lebih tinggi ke seluruh tubuh, meningkatkan aliran darah serta nutrisi pada kulit, dan mendorong sel-sel kulit baru yang segar muncul ke permukaan, hingga membuat kulit terlihat lebih sehat dan muda.


10. Bagian Gaya Hidup Sehat

10-alasan-seks-dapat-memperpanjang-umur-kita

Setelah mengetahu tentang semua manfaat yang bisa seks tawarkan, seharusnya tidak mengejutkan bahwa seks merupakan bagian gaya hidup sehat yang dapat membantu memperpanjang umur kita. Beberapa manfaat seks seperti mengurangi stres, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko serangan jantung, meredakan rasa sakit, dan meningkatkan kualitas tidur menjadi bukti bahwa seks yang sehat merupakan bagian penting dari gaya hidup kita. Semakin banyak penelitian yang dilakukan tentang seks membuktikan bahwa seks teratur adalah salah satu komponen kunci dalam menjalani pola hidup sehat.


Sobat Klub Sepuluh, berdasarkan artikel 10 Alasan Seks Dapat Memperpanjang Umur Kita diatas jelas kiranya betapa penting peranan aktifitas seks yang sehat dalam meningkatkan kualitas hidup kita. Semoga bermanfaat.

0 Response to "10 Alasan Seks dapat Memperpanjang Umur Kita"

Posting Komentar