10 Makanan Untuk Kulit Sehat

Apakah anda jenuh mencoba berbagai produk kecantikan mahal guna menjaga kesehatan kulit? Lupakan semua produk perawatan kulit mahal yang malah bisa membawa resiko munculnya penyakit kulit tersebut dan beralihnya ke cara yang lebih alami dan efektif. Mulailah rajin mengkonsumsi 10 Makanan Untuk Kulit Sehat dalam artikel berikut ini. Tentunya, dengan beralih dari berbagai produk kesehatan kulit ke makanan sehat, anda dapat menekan biaya yang harus dikeluargan dalam usaha meningkatkan kualitas kulit tubuh anda.

Makanan-Untuk-Kulit-Sehat

Alam telah menyediakan begitu banyak jenis buah dan sayuran yang bila dikonsumsi setiap hari dapat membantu kulit kita selalu dalam kondisi sehat sempurna. Beberapa macam makanan memang dapat merusak kesehatan kulit, namun di sisi lain, banyak pula jenis makanan yang mampu meningkatkan keindahannya. Simak jenis makanan apa saja yang dapat membuat kulit anda tetap sehat melalui artikel persembahan Klub Sepuluh.


1. Paprika Merah 

Makanan-Untuk-Kulit-Sehat

Paprika merah merupakan jenis sayuran yang dapat nikmati baik dalam keadaan mentah atau dimasak. Kandungan Vitamin C dalam satu butir paprika merah melebihi kebutuhan harian anda. Parika merah juga mengandung serat dan Vitamin B6 yang cukup besar. Terlebih lagi, kandungan karotenoid dalam paprika merah dapat mencegah munculnya keriput dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga anda akan tampak selalu muda. Selain itu, karotenoid dalam paprika merah sangat ampuh untuk mengusir jerawat.

Sebutir paprika merah merupakan jenis cemilan sempurna dengan kandungan kalori yang rendah. Sebutir paprika merah hanya memiliki 30 kalori, selain itu, rasanya juga renyah dan nikmat bila dikonsumsi dalam keadaan mentah. Kami sarankan agar anda selalu menyimpan irisan paprika merah dalam lemari es, sehingga anda akan selalu memiliki cemilan yang sehat dan lezat bila keinginan untuk ngemil datang mendera. Kandungan serat pada paprika merah akan membantu anda merasa kenyang lebih lama namun tetap aman karena kandungan kalorinya yang rendah. Dan yang paling utama, anda akan memiliki kulit sempurna.


2. Cokelat Murni

Makanan-Untuk-Kulit-Sehat

Dark chocolate atau cokelat murni memiliki kandungan antioksidan, asam lemak dan flavanol yang sangat besar. Antioksidan yang terkandung dalam cokelat murni akan membantu dalam menghaluskan kulit dan melindunginya dari kerusakan akibat sengatan matahari. Bahkan, kakao yang merupakan bahan dasar cokelat dapat mengendurkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah, dan hasilnya adalah terciptanya kulit lebih sehat.

Klub Sepuluh menyarankan agar anda lebih memilih cokelat murni yang berada di urutan kedua daftar 10 Makanan Untuk Kulit Sehat ini dalam bentuk bubuk atau biji kakao mentah, untuk mendapatkan kandungan lemak lebih rendah. Namun apabila anda lebih menyukai cokelat murni dalam bentuk batangan, atau lebih populer disebut sebagai dark chocolate, pastikan anda memilih yang memiliki kandungan kakao lebih dari 80% untuk menghindari kandungan susu dan gula layaknya pada cokelat batangan konvesional.


3. Ikan Salmon

Makanan-Untuk-Kulit-Sehat

Daging ikan salmon dikenal sebagai jenis makanan yang hebat dalam menghalau stres, kegelisahan dan depresi. Ikan salmon juga menyediakan sebagian besar asupan Vitamin D yang tubuh kita butuhkan sehari-hari. Seperti yang telah anda ketahui, Vitamin D berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung, tulang, usus besar dan otak. Selain itu, vitamin D juga membantu dalam menangkal munculnya kanker usus besar, penyakit jantung dan penyakit tulang.

Ikan Salmon juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang sangat kaya, yang sangat baik dalam menangkal timbulnya peradangan, keriput dan jerawat pada kulit. Kandungan omega-3 yang tinggi itu juga membantu menghidrasi kulit anda dari dalam. Terlebih lagi, dengan mengkonsumsi ikan salmon secara teratur, menjaga hidrasi kulit kepala serta memberi anda rambut yang sehat, kuat dan berkilau.


4. Minyak Kelapa

Makanan-Untuk-Kulit-Sehat

Minyak kelapa merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh paling banyak, dengan sekitar 90% kalori yang terkadung didalamnya merupakan lemak jenuh. Minyak kelapa mengandung asam laurat yang merupakan zat antibakteria dan antivirus, yang menjaga anda dari serangan virus, infeksi, peradangan dan jerawat. Minyak kelapa juga kaya akan kandungan asam lemak esensial dan Vitamin E, yang sangat sempurna dalam menjaga kulit anda tetap lembap, lembut dan bebas keriput.

Klub Sepuluh menyarankan agar anda menggunakan bahan makanan yang berada di posisi keempat dalam daftar 10 Makanan Untuk Kulit Sehat ini sebagai krim tubuh dan mengkonsumsinya dalam keadaan mentah sejumlah satu sendok makan setiap hari. Minyak kelapa secara khusus sangat baik untuk kelenjar gondok anda, ditambah lagi, adanya bukti yang menyatakan bahwa minyak kelapa dapat membantu kita dalam mengurangi berat badan. Jadi, banyak sekali manfaat bagi kesehatan yang bisa anda dapatkan dari minyak kelapa.


5. Teh Hijau

Makanan-Untuk-Kulit-Sehat

Tentu saja teh hijau merupakan jenis minuman, alih-alih makanan. Namun tetap saja, teh hijau didapatkan dari daun yang berasal dari sebuah tanaman. Dengan meminum teh hijau setiap hari, anda akan mendapatkan manfaat besar dari kandungan antioksidan, asam amino, dan L-theanine-nya yang sangat kaya. Semua zat tersebut membantu tubuh anda tetap relaks dan menekan stres.

Saat ramuan teh hijau masih panas, uapnya melepaskan katekin, sejenis antioksidan yang terbukti ampuh dalam melawan kanker dan peradangan. Teh hijau juga mengurangi resiko munculnya tekanan darah tinggi. Minumlah setidaknya 3 cangkir teh hijau setiap hari untuk memperoleh manfaat optimal bagi kesehatan kulit anda.

6. Bayam

Makanan-Untuk-Kulit-Sehat

Bayam merupakan jenis sayuran yang sehat dan kaya akan nutrisi, sehingga disarankan agar anda selalu memasukkan bayam dalam program diet anda setiap hari. Anda boleh saja membenci bayam, tapi faktanya, bayam merupakan sumber zat besi, klorofil, Vitamin E, magnesium, Vitamin A, serat, protein nabati, dan Vitamin C dalam jumlah besar. Dan karena memiliki zat antioksidan, Vitamin C dan E, bayam sangat baik bagi kulit anda.

Zat antioksidan dalam sayuran yang menduduki posisi keenam daftar 10 Makanan Untuk Kulit Sehat ini, dapat menangkal semua jenis masalah kulit. Cobalah untuk mengkonsumsi bayam setiap hari dan lihat apa hasilnya. Dengan memakan bayam, berarti anda telah membersihkan kulit anda dari dalam.


7.  Biji-bijian

Makanan-Untuk-Kulit-Sehat

Biji rami, biji bunga matahari, dan biji labu sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit. Biji labu dan bunga matahari kaya akan kandungan selenium, Vitamin E, magnesium dan protein. Selenium dan protein berfungsi untuk mencegah munculnya keriput. Vitamin E meningkatkan kelembapan kulit. Sedangkan magnesium dapat menekan tingkat stres anda. Selain memiliki kandungan protein yang besar, kandungan lemak jenuh Omega 3 pada biji rami sangat sempurna untuk melawan munculya kerutan dan jerawat pada kulit.

Cukup taburkan biji-bijian tersebut pada salad atau oatmeal anda, maka anda telah melakukan program mendapatkan kulit sempurna dengan cara menyenangkan dan lezat. Klub Sepuluh menganjurkan anda untuk mencoba menaburkan biji-bijian diatas yogurt buah, karena rasanya lebih nikmat. Atau anda bisa menambahkan biji labu pada es krim.


8. Seledri

Makanan-Untuk-Kulit-Sehat

Di urutan kedelapan daftar 10 Makanan Untuk Kulit Sehat terdapat nama seledri. Umumnya kita kerap meremehkan manfaat dari sayuran yang biasanya hanya menjadi pelengkap sebuah hidangan ini. Ternyata, seledri memiliki kandungan Vitamin K yang dapat menjaga sirkulasi darah dalam tubuh kita tetap sehat dan menurunkan tekanan darah tinggi. Hal tersebut tentunya secara langsung dapat menurunkan kadar stres. Dan seperti yang telah anda ketahui, stres dapat mengurangi keindahan kulit, migrain dan bahkan memicu timbulnya kanker

Seledri juga secara alami memiliki kandungan sodium, potassium dan air, serta dapat menolong kulit anda terhindar dari dehidrasi. Dehidrasi pada kulit berarti ditandai dengan munculnya kekeringan, kulit mengelupas, kerutan dan bahkan kulit pecah-pecah. Maka, pastikan anda mengkonsumsi seledri setiap hari atau setidaknya sekali dalam dua hari. Jika anda khawatir dengan kalori, jangan takut, karena kandungan kalori dalam seledri sangat kecil.


9. Pepaya

Makanan-Untuk-Kulit-Sehat

Pepaya merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sangat mudah kita temukan di Indonesia. Pepaya juga merupakan buah yang hebat dengan memiliki begitu banyak manfaat nutrisional. Kandungan kalori pepaya sangat rendah, hanya 39 kalor per 100 gramnya. Dan pepaya sama sekali tidak mengandung kolesterol. Jadi, jika anda sedang berusaha menurunkan berat badan, pertimbangkanlah untuk mulai mengkonsumsi pepaya setiap hari guna memperoleh manfaat maksimal dari buah tropis ini bagi kesehatan anda.

Sebagai buah yang sangat bermanfaat bagi kecantikan, kandungan fruktosa pepaya sangat rendah dan sangat baik untuk sistem pencernaan anda. Nutrisi antioksidan juga terdapat didalamnya, termasuk Vitamin C, Vitamin E dan beta karoten yang sangat ampuh dalam menekan terjadinya peradangan dan mencegah munculnya jerawat. Ditambah lagi, kandungan Vitamin C dalam pepaya juga melindungi kulit anda dari kerusakan akibat sinar matahari.


10. Wortel

Makanan-Untuk-Kulit-Sehat

Wortel yang berada di urutan terakhir daftar 10 Makanan Untuk Kulit Sehat ini tidak hanya baik untuk mata anda, tetapi juga sangat bermanfaat dalam menjaga kulit anda tetap sehat dan sempurna. Wortel terutama sangat baik untuk membersihkan kulit yang pecah-pecah. Kandungan Vitamin A dalam wortel yang sangat tinggi dapat membantu untuk mencegah produksi sel yang berlebihan pada lapisan kulit bagian luar. Di lapisan kulit tersebutlah tempat dimana sel yang berlebih tadi bergabung dengan sel-sel mati dan menyebabkan pori-pori tersumbat.

Satu lagi alasan kenapa anda harus menjadikan wortel sebagai sebuah cemilan adalah, karena Vitamin A yang terkandung di dalamnya mampu menghambat berkembangnya sel kanker kulit. Jadi, Klub Sepuluh menyarankan agar anda mengkonsumsi setidaknya setengah batang wortel setiap hari guna mendapatkan kulit yang sehat sempurna.

Tentu saja anda tidak harus mengkonsumsi semua jenis makanan dalam daftar 10 Makanan Untuk Kulit Sehat diatas setiap hari. Yang terpenting adalah, bagaimana anda mengkonsumsinya secara rutin, sekaligus menghindarkan diri dari junk food, makanan yang mengandung gula berlebihan, lemak dan karbohidrat, agar kulit anda selalu sehat.

0 Response to "10 Makanan Untuk Kulit Sehat"

Posting Komentar