28 Mei | Volkswagen Didirikan

volkswagen-didirikan

Pada tanggal 28 Mei, di tahun 1937, pemerintah Jerman yang saat saat itu berada dibawah kekuasaan Adolf Hitler dengan partainya, Nazi, mendirikan sebuah pabrik otomotif milik pemerintah, yang kemudian dikenal dengan nama Gesellschaft zur Vorbereitung des Deutschen Volkswagens mbH. Kemudian pada tahun yang sama, nama itu disederhanakan menjadi Volkswagenwerk, yang berarti Perusahaan Mobil Rakyat.

volkswagen-didirikan

Awalnya, Volkswagen dijalankan oleh Front Buruh Jerman, salah satu organisasi yang bernaung dibawah Nazi, dan berkantor pusat di kota Wolfsburg. Sebagai tambahan atas kampanye ambisiusnya dalam membangun jaringan jalan atau autobahns dan akses jalan raya terbatas melintasi Jerman, proyek ciptaan Hitler ini bertujuan mengembangkan serta memproduksi secara masal mobil murah namun tetap dapat melaju dalam kecepatan tinggi, yang dapat dijual dengan harga dibawah 1.000 Reich marks, atau sekitar Rp. 1,5 juta saat itu.

volkswagen-didirikan

Guna menghadirkan rancangan atas mobil rakyat ini, Hitler mengundang insinyur otomotif Austria bernama Ferdinand Porsche. Pada tahun 1938, dalam sebuah rapat umum Nazi, sang Fuhrer mendeklarasikan bahwa Volkswagen telah dibangun sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat akan sarana transportasi, serta bertujuan untuk memberikan kesenangan kepada mereka. Namu, tak lama setelah mobil KdF Wagen (Kraft durch Freude Wagen), yang berarti Mobil Kekuatan melalui Kesenangan, dipamerkan untuk kali pertama pada Berlin Motor Show pada tahun 1939, Perang Dunia II dimulai, dan produksi Volkswagen dihentikan. Setelah perang usai, dengan pabriknya yang hancur, pihak Sekutu menjadikan Volkswagen sebagai fokus mereka untuk membangkitkan industri otomotif Jerman.

Angka penjualan mobil-mobil Volkswagen atau VW di Amerika Serikat pada awalnya berjalan lambat jika dibandingkan dengan belahan dunia lain. Selain dipengaruhi faktor sejarah mobil tersebut memiliki hubungan dengan Nazi, juga dikarenakan mobil tersebut memiliki ukuran kecil dan bentuk membulat yang tidak lazim. Pada tahun 1959, agen periklanan Doyle Dane Bernbach sebuah meluncurkan kampanye pemasaran bersejarah dengan menyebut mobil tersebut dengan nama Beetle, serta merubah persepsi tentang ukurannya yang kecil menjadi sebuah keuntungan besar bagi para konsumen. Dalam beberapa tahun kemudian, VW menjadi mobil impor paling laris di Amerika Serikat. Pada tahun 1960, pemerintah Jerman menjual 60% saham mereka ke publik. Duabelas tahun kemudian, Beetle melampaui rekor dunia produksi mobil terbanyak pada angka 15 juta unit, yang telah bertahan sangat lama, milik Ford Motor Company dengan produksi mobil Model T antara tahun 1908 sampai 1927.

volkswagen-didirikan

Karena desain Beetle relatif tidak mengalami perubahan sejak tahun 1935, tingkat penjualannya menurun pada awal tahun 1970an. VW kembali melejit dengan mengenalkan model-model yang lebih sporty seperti Rabbit dan kemudian Golf. Pada tahun 1998, Volkswagen meluncurkan New Beetle, yang sampai saat ini masih diproduksi sebagai penerus Beetle asli. Setelah selama hampir 70 tahun sejak kali pertama diperkenalkan dan diproduksi lebih dari 21 juta unit, VW Beetle asli terakhir diluncurkan dari pabriknya di kota Puebla, Meksiko, pada tanggal 30 Juli 2003.

0 Response to "28 Mei | Volkswagen Didirikan"

Posting Komentar