Top 10 Band Metal Bervokalis Wanita Terbaik

Siapa bilang cewek nggak bisa ngerock? Mereka sangat mampu bahkan bisa sangat populer. Buktinya bisa kamu simak dalam daftar Top 10 Band Rock Bervokalis Wanita Terbaik versi Klub Sepuluh yang mengupas sedikit kisah perjalanan karir mereka.


Mungkin dulu banyak yang meragukan kemampuan perempuan untuk membawakan lagu dan musik cadas. Namun dalam perkembangan industri musik, sudah banyak band beraliran metal ber-frontwomen atau bahkan seluruh personelnya wanita sukses di pasar musik dunia. Bahkan beberapa diantara mereka menelurkan karya-karya fenomenal yang mampu bertengger lama dalam chart-chart internasional.

Nah Sobat Klub Sepuluh, mari kita simak band apa saja yang duduk dalam daftar Top 10 Band Metal Bervokalis Wanita Terbaik di dunia versi Klub Sepuluh berikut ini.


10. Kittie

band-metal-vokalis-cewek

Band beraliran death metal yang seluruh personelnya perempuan ini berasal dari kota London, negara bagian Ontario, Kanada. Dibentuk pada tahun 1996 oleh dua bersaudara Mercedes yang berposisi sebagai drummer dan Morgan Lander sebagai vokalis sekaligus gitaris, bersama gitaris utama Fallon Bowman. Formasi Kittie menjadi komplit dengan bergabungnya pemain bass, Tanya Candler. Formasi awal ini melahirkan debut album Kittie yang bertajuk Spit sebelum Tanya mengundurkan diri pada tahun 1999 guna menyelesaikan sekolahnya. Posisinya digantikan bassis anyar, Talena Atfield.

Album perdana ini cukup sukses. Kittie melakukan serangkaian tur yang diliput oleh majalah metal berpengaruh, Metal Edge. Para pembaca majalah ini menobatkan Mercedes sebagai "Female Performer of the Year" dan tembang Spit in Your Eye mendapat penghargaan sebagai "Home Video of the Year". Sedangkan Kittie terpilih sebagai "New Band of the Year," selain dua penghargaan lainnya dalam Metal Edge Readers' Choice Awards tahun 2000.

Selama perjalanannya, Kittie mengalami beberapa kalo perombakan formasi. Kini band yang telah merilis 6 album itu digawangi oleh Morgan Lander, Mercedes Lander, Tara McLeod dan Trish Doan.


9.  Otep

band-metal-vokalis-cewek

Nama band asal kota Los Anggeles, California ini diambil dari nama leader sekaligus vokalisnya yaitu Otep Shamaya, cewek kelahiran 7 November 1979. Otep yang juga seorang pelukis ini membentuk band beraliran nu metal pada tahun 2000 bersama gitaris Tarver Marsh, dan pencabik bass Jason McGuire. Saat pertama terbentuk, band ini memang belum memiliki penabuh drum tetap. Drummer Mark Bistany baru bergabung pada tahun 2001 setelah band ini melakukan serangkaian pertunjukan, termasuk dalam gelaran musik cadas tersohor milik Ozzy Osbourne, Ozzfest, dimana saat itu mereka merupakan band pemula. Penampilan mereka dalam Ozzfest bahkan menarik minat istri sang legenda musik rock, Sharon Osbourne untuk mengontrak Otep dalam labelnya.

Kehebatan dalam bernyanyi dan penampilan panggung Otep Shamaya sebagai vokalis metal cewek memukau para pemerhati musik metal. Band ini dikontrak oleh sebuah perusahaan rekaman raksasa, Capitol tanpa perlu membuat demo-tape dan hanya mengandalkan kekuatan mereka ketika tampil di panggung. Bersama Capitol, Otep merilis album mini pertama mereka yang berjudul Jihad di tahun 2001 sebelum merilis album penuh pada tahun 2002 yang bertajuk Sevas Tra dibawah arahan produser Terry Date.

Sejauh ini Otep telah merilis 6 album, yang terakhir pada tahun 2013 dengan judul Hydra. Komposisi teranyar personel band yang menduduki posisi 9 daftar Top 10 Band Metal Bervokalis Wanita Terbaik ini adalah Otep Shamaya pada vokal, gitaris Ari Mihapoulos, Corey Wolford sebagai bassis dan Brian Wolff pada drum.


8. Halestorm

band-metal-vokalis-cewek

Band beraliran hard rock asal kota Red Lion, negara bagian Pennsylvania, Amerika Serikat ini terbentuk pada tahun 1998. Adalah dua bersaudara Arejay dan Elizabeth "Lzzy" Hale yang aktif bermusik dan menulis lagu sejak tahun 1997, yang mana saat itu usia mereka baru 10 dan 13 tahun. Mereka telah belajar musik sejak usia 5 tahun. Pada tahun 1999 keduanya merilis sebuah mini album bertitel Don't Mess With the Time Man. Dalam formasi awal Halestorm ini, posisi bassis dipegang oleh ayah mereka, Roger Hale sebelum masuknya Josh Smith pada tahun 2004 menggantikan posisinya. Sebelumnya, gitaris Joe Hottinger bergabung bersama band ini pada tahun 2003.

Halestorm dikontrak label rekaman Atlantic Records pada tahun 2005. Sempat merilis EP bertajuk One and Done dan melakukan serangkaian tur panjang, - hingga 250 penampilan pertahun bersama band-band rock dan metal ternama seperti Chevelle, Seether, Staind, Papa Roach, Disturbed, Avenged Sevenfold, Stone Sour, Evanescence dan Bullet For My Valentine - Halestorm akhirnya merilis debut album mereka dengan judul Halestorm pada 28 April 2009. Sedangkan album kedua mereka, The Strange Case Of... dirilis pada tahun 2012.

Warna vokal Lzzy Hale yang unik dan powerful merupakan daya tarik band ini. Selain itu wajahnya yang cantik dan didukung penampilan panggungnya bersama punggawa  Halestorm lain yang enerjik, atraktif dan komunikatif, membuat komunitas penggemar band ini tumbuh sangat pesat.


7. The Agonist

band-metal-vokalis-cewek

Dibentuk di kota Montreal, Kanada pada tahun 2004 oleh gitaris Danny Marino, bassis Chris Kells dan si cantik Alissa White-Gluz pada vokal, The Agonist, yang sebelumnya bernama The Tempest, memainkan musik metalcore dengan kombinasi antara vokal yang menggeram (growl) dan lembut. Peran yang dimainkan dengan sangat sempurna oleh sang vokalis yang memiliki growl yang kuat, tebal dan dalam namun sangat jernih dan feminin ketika bernyanyi dengan tehnik normal.

Tidak seperti band gothic pada umumnya yang lagu-lagunya bertema pemujaan pada setan, lirik lagu-lagu The Agonist yang ditulis Alissa lebih banyak bicara tentang animal rights, pengalaman emosional manusia, dan ketidakadilan sosial. Alissa juga dianggap sebagai penggebrak fashion musik metal dengan lebih sering tampil modis daripada mengenakan pakaian-pakaian metal tradisional yang terkesan kumal atau seram. Sosok Allisa yang lahir pada 31 Juli 1985 memang merupakan daya tarik utama band ini.

Duduk di posisi 7 daftar Top 10 Band Metal Bervokalis Wanita Terbaik di dunia versi Klub Sepuluh, The Agonist yang kini diperkuat oleh Pascal Jobin pada gitar dan Simon McKay pada drum telah meluncurkan 3 album yaitu, debut album Once Only Imagined di tahun 2007, album kedua Lullabies for the Dormant Mind pada 2009 dan yang terbaru, Prisoners di tahun 2012.


6. Arch Enemy

band-metal-vokalis-cewek

Para pendiri band beraliran melodic death metal asal kota Halmstad, Swedia ini merupakan alumnus dari beberapa band death metal ternama. Michael Amott sebelumnya bergabung dalam Carcass dan Johan Liiva yang sebelumnya adalah vokalis dari band death metal berpengaruh, Carnage. Sejak didirikan pada tahun 1999 band yang tergolong sebagai superband ini berada dibawah label rekaman independen spesialis musik-musik metal, Century Media.

Setelah meluncurkan 2 album, yaitu Black Earth pada tahun 1996 dan Stigmata di tahun 1998, vokalis Johan Liiva dipecat. Dan momen ini merupakan titik balik perjalanan karir Arch Enemy, dimana mereka merekrut seorang vokalis cewek untuk menggantikan Liiva. Dia adalah si cantik kelahiran Jerman, Angela Nathalie Gossow yang sebelumnya merupakan vokalis band Mistress. Angela yang lahir di kota Cologne pada 5 November 1974 memiliki jangkauan suara mezzo-sopran dengan kualitas growl yang hebat.

Bersama Angela yang vegetarian, Arch Enemy meluncurkan album ketiga Wages of Sin pada tahun 2001. Kemudian melakukan tour ke Jepang bersama 2 band metal legendaris, Slayer dan Motörhead. Tak dipungkiri bahwa sosok Angela merupakan kekuatan Arch enemy. Tidak hanya keunikannya sebagai vokalis wanita dalam sebuah band beraliran keras, namun kualitas vokal yang dimilikinya, performa panggung dan kemampuan menulis lagu yang baik memberikan sentuhan magis bagi band yang tahun 2014 meluncurkan album kesepuluh ini.

5. Flyleaf

band-metal-vokalis-cewek

Duduk dalam posisi 5 daftar Top 10 Band Metal Bervokalis Wanita Terbaik di dunia versi Klub Sepuluh adalah sebuah band beraliran Christian metal asal kota Belton, negara bagian Texas, Amerika Serikat bernama Flyleaf. Mungkin Sobat Klub Sepuluh cukup mengenal suara sang vokalis Lacey Mosley yang lembut namun seketika berubah garang dalam tembang I'm So Sick. Ya, cewek kelahiran 4 September 1981 ini merupakan pendiri Flyleaf bersama drummer James Culpepper. Selanjutnya mereka merekrut 2 gitaris Jared Hartmann dan Sameer Bhattacharya dan bassis Pat Seals untuk melengkapi formasi band ini.

Album perdana mereka yang berjudul Flyleaf dirilis pada tahun 2005 mendapatkan platinum setelah terjual diatas 1 juta kopi. Album ini berisikan 4 single populer yaitu I'm So Sick, Fully Alive, All Around Me dan Sorrow. Merekapun mendapatkan kesempatan untuk tampil dalam satu panggung bersama band-band metal papan atas seperti Disturbed dan Stone Sour. Sedangkan album kedua mereka yang bertitel Memento Mori dirilis pada tahun 2009 yang menghasilkan beberapa hits seperti Beautiful Bride dan Again.

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa keberadaan Lacey, yang sekarang menggunakan nama belakang Sturm itu merupakan kekuatan utama band ini. Kualitas vokal yang tinggi juga kemampuan menulis lagu membuat Lacey dipandang sebagai otak di balik kesuksesan Flyleaf. Namun saat proses pengerjaan album ketiga mereka, New Horizons, Lacey meninggalkan band ini pada tahun 2012 dan posisinya digantikan Kristen May. Namun begitu, duduknya Flyleaf di posisi 5 daftar Top 10 Band Metal Bervokalis Wanita Terbaik ini adalah berkat sosok Lacey.


4. Epica

band-metal-vokalis-cewek

Simone Simons adalah cewek dibalik kesuksesan band beraliran symphonic metal asal Belanda yang sebelumnya bernama Sahara Dust ini. Si cantik dan yang lahir pada 17 Januari 1985 berkolaborasi secara harmonis dengan gitaris dan vokalis Mark Jansen, dimana simone sebagai vokalis utama bertugas bernyanyi secara lembut dan melodius sedangkan Mark mengambil porsi growl.

Awalnya, Mark yang cabut dari band lamanya, After Forever mendirikan band ini dengan menunjuk Helena Michaelsen sebagai frontwoman. Namun tak lama, Helena berpengalaman karena sebelumnya tergabung dalam band Trail of Tears digantikan oleh Simone yang belum terkenal. Namun Simone yang saat itu menjadi pacar Mark mampu membuktikan bahwa pilihan Mark tidak salah, cewek yang belajar khusus menyanyikan lagu klasik ini berhasil memberi warna khusus pada musik agresif, bombastis, dan majestik milik Epica.

Bersama Simone, Epica telah melahirkan 6 album studio dan 2 album live. Yang teranyar dirilis tahun 2014 dengan judul The Quantum Enigma. Kehadiran cewek yang menikah dengan pemain keyboard band, Kamelot, Oliver Palotai ini membuat Epica sangat pantas berada di posisi keempat daftar Top 10 Band Metal Bervokalis Wanita Terbaik versi Klub Sepuluh.


3. Nightwish

band-metal-vokalis-cewek

Band asal kota Kitee, Finlandia ini beraliran symphonic power metal dengan frontwomen nan jelita, Floor Jansen yang berasal dari Belanda kelahiran 21 Februari 1981. Dalam band yang dibentuk tahun 1996 ini, Floor menggantikan posisi 2 vokalis sebelumnya yaitu Tarja Turunen, frontwomen Nightwish yang memiliki jangkauan suara 3 oktaf dan Anette Olzon. Tentunya bukan hal yang mudah bagi pemilik suara sopran ini. Namun tentunya para pendiri Nightwish, kibordis Tuomas Holopainen dan gitaris Emppu Vuorinen tidak sembarangan dalam memilihnya.

Sebelumnya, nama Nightwish telah mendunia seiring dengan kesuksesan album kedua mereka yang bertitel Oceanborn pada tahun 1998 kemudian album Nightwish pada tahun 2000 yang membuka jalan bagi mereka untuk melakukan serangkaian tur ke seluruh penjuru dunia. Dalam album Once yang dirilis pada 7 Juni 2004, Nightwish melakukan gebrakan dengan memadukan unsur orkestra yang dipercayakan pada London Philharmonic Orchestra. Langkah berani ini berbuah sukses besar dengan raihan 3 platinum di Finlandia, platinum di Jerman, dan meraih gold di 6 negara lain.

Saat Tarja Turunen mundur pada 2005, Nightwish mengalami masa vakum yang panjang. Pun saat Anette Olzon mundur pada 2012 karena mengandung putra ketiganya, Nightwish kembali harus vakum. Namun kini bersama Floor, Nightwish bangkit dari tidur panjang dan bersiap merekam album ketujuh mereka yang akan dirilis tahun 2015.


2. Paramore

band-metal-vokalis-cewek

Siapa yang tak kenal dengan sosok cantik dan enerjik Hayley Williams? Vokal dan wajahnya menjadi ikon bagi band beraliran alternative rock asal kota Franklin, negara bagian Tennessee, Amerika Serikat, bernama Paramore. Bersama Hayley yang lahir pada tanggal 27 Desember 1988 di kota Meridian, negara bagian Mississippi, Paramore meraih kesuksesan besar di industri musik dunia.

Merilis debut album mereka pada tahun 2005 dengan judul  All We Know Is Falling, band yang sekarang beranggotakan Hayley Williams pada vokal, Jeremy Davis pada gitar dan Taylor York sebagai pencabik bass langsung meraih kesuksesan besar. Sedangkan album kedua mereka yang bartajuk Riot!, meraih kesuksesan yang lebih besar lagi dengan merengkuh platinum di Amerika dan Irlandia, juga gold Australia, Canada, New Zealand, and the UK. Kesuksesan terus berlanjut di album-album berikutnya yaitu Brand New Eyes yang dirilis tahun 2009 juga Paramore pada tahun 2013.

Figur Hayley Williams tak pelak menjadi daya tarik utama band ini. Kekasih dari gitaris band New Found Glory, Chad Gilbert ini bahkan lebih populer dari Paramore itu sendiri. Hal ini bahkan telah membuat gerah mantan personel Paramore, Josh Farro yang menyatakan bahwa media terlalu fokus pada sosok Hayley ketimbang sisi musikalitas Paramore. Pada tahun 2007 Hayley terpilih sebagai Cewek Terseksi dalam Musik Rock nomer 2 berdasarkan voting pembaca majalah Kerrang!

Sobat Klub Sepuluh penasaran siapa gerangan yang mengalahkan cewek yang membawa Paramore kokoh di posisi kedua daftar Top 10 Band Metal Bervokalis Wanita Terbaik ini sebagai cewek terseksi dalam musik rock?


1. Evanescene

band-metal-vokalis-cewek

Nama band rock asal kota Little Rock, negara bagian Arkansas ini tidak bisa dipisahkan dari sosok frontwomen mereka Amy Lee. Bersama gitaris Ben Moody, Amy mengibarkan bendera Evanescene di tahun 1995. Debut album mereka yang berjudul Fallen dirilis pada tahun 2003 dan langsung mendulang sukses besar dengan terjual lebih dari 17 juta kopi di seluruh dunia, meraih 2 Grammy Awards dari 7 nominasi. Tembang seperti Bring Me to Life yang fenomenal, My Immortal, dan Going Under telah sangat akrab di telinga pencinta musik dunia.

Vokal pemilik nama lengkap Amy Lynn Lee yang lahir di kota Riverside, negara bagian California pada 13 Desember 1981 ini merupakan ciri khas Evanescene. Lembut namun bertenaga, kira-kira begitulah penggambaran yang paling tepat. Amy memulai karirnya di dunia musik dengan belajar piano klasik. Pengaruh bermusiknya didapat dari artis dunia seperti Björk, Tori Amos, Danny Elfman dan Plumb. Kualitas suara, performa dan kemampuan menulis lagunya diakui sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Pada tahun 2012, Amy mendapatkan penghargaan sebagai Vokalis Terbaik dalam Revolver Golden Gods Awards. Sedangkan di tahun 2013, ia dinobatkan sebagai Dewi Rock 2012 pada Loudwire Music Awards juga gelar sebagai The Hottest Woman in Music 2013 pada perhelatan NME Awards.

Bersama Evanescene yang saat ini sedang vakum, Amy menjelma menjadi salah satu wanita paling berpengaruh dalam dunia rock modern. Jadi sangat pantas bila Evanescene kami letakkan pada puncak daftar Top 10 Band Metal Bervokalis Wanita Terbaik di dunia.
Dan Amy-lah yang mengalahkan Hayley Williams dalam voting sebagai Cewek Terseksi dalam Musik Rock yang diadakan oleh majalah Kerrang! pada tahun 2007.


Sekian ulasan kami dalam Top 10 Band Metal Bervokalis Wanita Terbaik di dunia. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Sobat Klub Sepuluh.

0 Response to "Top 10 Band Metal Bervokalis Wanita Terbaik"

Posting Komentar