Top 10 Game Online Terbaik

Dalam artikel mengenai Top 10 Game Online Terbaik di dunia ini, kami dari tim Klub Sepuluh ingin mengupas salah satu format permainan yang sangat mewabah sejak pertama kali dicetuskan oleh Richard Garriott, dengan game Ultima Online, di tahun 1997. Ya, game online yang memberikan pada banyak pemain di seluruh belahan untuk bermain dan berinteraksi dalam satu platform.

game-online-terbaik

Jika berbicara tentang game online yang lazim disebut dengan MMO (Massively multiplayer online) ini maka kita harus tahu bahwa untuk mengembangkan sebuah game membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bahkan modal yang dibutuhkan oleh developer untuk merilis 1 judul game online dapat menyentuh angka ratusan juta dolar. Namun dengan strategi yang tepat, developer dapat meraih keuntungn berlipat ganda. Contohnya World of Warcraft milik Blizzard yang pada awal tahun 2014 telah memiliki 100 juta lebih user dan merupakan rekor dunia ini, membukukan pendapatan sekitar 1,4 miliar dolar.

Jadi tak heran bila para developer game berlomba-lomba mengembangkan judul dan format baru game online untuk meraih user sebanyak-banyaknya yang berujung pada keuntungan yang fantastis. Dan kami menyusun daftar 10 Game Online Terbaik di dunia sebagai referensi Sobat Klub Sepuluh yang hobi nge-game.


10. Star Trek Online

game-online-terbaik

Awalnya game online besutan developer Cryptic Studios ini merupakan Pay-per-Play MMORPG sebelum menjadi sepenuhnya gratis. Diangkat dari film fiksi ilmiah legendaris karya Gene Rodenbery, Star Trek Online membawa usernya berperan sebagai Kapten dari sebuah kapal ruang angkasa.

Dalam Star Trek Online yang pertama kali dirilis pada 5 Februari 2005 ini, pemain mendapatkan beragam misi, termasuk misi mingguan. Berperang melawan musuh yang diregenerasi oleh game itu sendiri (PvE) atau bertempur menghadapi pemain lain (PvP).

Star Trek Online termasuk game online berbudget besar. Memiliki tampilan grafis 3D yang memukau, dan alur permainan layaknya sebuah kisah dalam film.



9. World of Tanks

game-online-terbaik

World of Tanks dikembangkan oleh Wargaming.net, sebuah developer game yang berbasis di Belarusia. Game ini menggunakan sistem freemium, dimana para user dapat bermain secara gratis namun ada beberapa fitur yang untuk mendapatkannya seorang user harus membayar.

Format permainan World of Tanks terfokus pada PvP dimana tiap pemain mengendalikan sebuah tank dari era Perang Dunia Kedua. Para pemain dapat berkomunikasi satu dengan lainnya melalui fitur voice chat yang membuat game ini semakin menarik.

Sejak diluncurkan pertama kali pada 12 Agustus 2010, game online yang memiliki tampilan grafis sangat relistik ini telah memiliki lebih dari 60 juta user dari seluruh penjuru dunia.



8. League of Legends

game-online-terbaik

League of Legends sempat menjadi game online yang paling banyak dimainkan pada tahun 2012. Dengan memiliki 32 juta user terdaftar dengan rata-rata 12 juta pemain online perhari. Bahkan pada bulan Juli di tahun yang sama, sebuah riset menyatakan kalau League of Legends mengumpulkan total 1,3 miliar jam waktu login dalam kurun waktu antara Juli 2011 sampai Juni 2012 hanya dari user yang berapa di kawasan Amerika Utara dan Eropa saja.

Game online besutan Riot Games ini menyajikan arena pertempuran yang sangat adiktif, dimana para pemain mengendalikan satu hero mereka, kemudian bersama pemain lain membentuk sebuah tim, lalu bertempur dalam arena melawan tim lain. Format ini mirip dengan game online yang lebih dahulu populer yaitu Warcraft III mod Defense of the Ancients (DotA).

Riot Games rutin mengadakan turnamen di seluruh dunia yang mempertemukan tim-tim terbaik. Antara lain di Swedia, Italia dan Amerika Serikat dengan hadiah yang fantastis hingga mencapai total 5 juta dolar.



7. Allods Online

game-online-terbaik

Besutan developer Rusia, Astrum Nival ini merupakan game online yang meracik perpaduan fiksi ilmiah dan fantasi. Allods Online merupakan bagian ketiga dari seri  Rage of Mages. Game yang menggunakan sistem freemium ini menghabiskan dana tak kurang dari 12 juta dolar dalam pengembangannya.

Dalam Allods Online, pemain dapat membangun sebuah pesawat astral (gaib) untuk menjalankan misi memburu para roh jahat, dan menjelajahi dunia gaib yang mengapung untuk mencari harta terpendam. Mereka juga dapat bertarung dengan sesama pemain di seluruh dunia.

Game online yang menduduki posisi 7 daftar Top 10 Game Online Terbaik ini sangat digemari karena selain memiliki grafis yang memukai, para pemain juga dimajakan dengan adanya user-generated content yang memungkinkan mereka untuk membangun perkumpulan sendiri yang bisa dikembangkan dan mengundang pemain-pemain lain untuk bergabung.



6. Dungeons & Dragons Online

game-online-terbaik

Game online yang dikembangkan oleh Turbine ini memiliki kualitas grafis 3D yang sangat fantastis. Memanjakan para user yang gemar bersosialisasi dengan pemain lainnya dengan begitu banyaknya misi yang dapat dijalankan secara tim. Selain itu, pemain juga dapat berpartner dengan karakter rekaan komputer yang disebut Hirelings untuk menjelajahi daerah-daerah penuh bahaya dalam game ini.

Alur game dalam Dungeons & Dragons Online dirancang sangat bersahabat dengan berbagai level user. Semakin tinggi level seorang pemain, maka semakin tinggi juga tingkat kesulitan misi-misi yang harus dijalani begitu juga dengan musuh-musuh yang harus mereka hadapi. Turbin dengan bantuan distributor ternama, Warner Bros, merilis game online ini pada 28 February 2006.


5. Runes of Magic

game-online-terbaik

Runes of Magic yang diproduksi oleh developer asal Taiwan, Runewaker Entertainment merupakan game MMORPG bergrafis 3D yang sangat populer. Sejak dirilis pada 29 Maret 2009 game ini telah memiliki lebih dari 5 juta user hanya setahun sejak pertama kali diluncurkan.

Game online yang disebut-sebut sangat mirip dengan World of Warcraft ini memberikan usernya untuk melakukan pengembangan senjata dan perlengkapan tempur yang komprehensif. Selain itu terdapat begitu banyak arena duel sebagai tempat bagi para pemain bertempur dengan pemain lainnya, lebih dari 4.500 misi, rumah untuk pemain, pets dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Namun fitur yang paling menarik dan adiktif, juga sebagai pembeda Runes of Magic dengan World of Warcraft adalah, adanya multi-class system yang memberikan pemain menambahkan class berbeda pada karakter miliknya setiap level mereka naik ke level 10 dan level 20 dengan pilihan sebanyak 8 class berbeda.



4. Forsaken World

game-online-terbaik

Game online yang program instalasinya didistribusikan melalui DVD dan dapat dimainkan secara gratis ini merupakan game MMORPG 3D yang sangat berbeda dengan para pesaingnya. Memiliki grafis yang sangat baik, kustomisasi karakter yang menyenangkan, dan berbagai fitur pelengkap yang umum terdapat dalam sebuah game online seperti pets, guilds, dan lain-lain.

Berseting dunia fantasi China kuno, games yang dikembangkan oleh Perfect World Entertainment ini memiliki sentuhan gothic dan dunia hitam dengan adanya pilihan karakter selain manusia normal seperti vampire, werewolf, manusia batu, kurcaci dan peri. Selain itu game ini juga memiliki segudang misi untuk dijalankan para pemain, even-even spesial dan masih banyak lagi. Jadi sangat pantas bagi Forsaken World untuk menduduki tangga keempat dalam daftar Top 10 Game Online Terbaik versi Klub Sepuluh.



3. Lord of the Rings Online

game-online-terbaik

Siapa yang tidak kenal ketiga film saga Lord of the Rings yang diangkat dari buku karya J.R.R. Tolkiens. Berangkat dari kesuksesan film-film tersebut, kisah ini kemudian diangkat ke format game online yang menelan dana pengembangan sangat besar. Turbine, Inc. merilis Lord of the Rings Online pada 24 April 2007. Game online yang dapat dimainkan secara gratis ini berada pada posisi ketiga MMORPG paling banyak dimainkan sepanjang sejarah.

Grafis 3D yang bergaya barat merupakan daya tarik tersendiri bagi game online yang terpilih oleh PC Gamer Magazine sebagai "MMO of the year" pada tahun 2011 ini. Tampilan visual yang realistik membedakannya dari para pesaing yang umumnya cenderung menampilkan grafis bergaya kartun.

Alur permainannya tergolong tradisional. Tapi dengan sentuhan konten yang sangat banyak untuk ukuran sebuah game gratis, jalan cerita bersekala epik, tersedianya rumah yang dapat dimiliki oleh karakter, perlengkapan tempur yang super lengkap, dan PvP dalam skala besar membuat game ini hampir tidak memiliki cela.



2. Drakensang Online

game-online-terbaik

Game online freemium ini dikembangkan oleh developer asal kota Berlin, Jerman, Bigpoint yang merilisnya pada bulan Agustus tahun 2011. Drakensang Online tidak membutuhkan instalasi karena merupakan game browser-based. Tema yang diusung menyerupai game laris produksi Blizzard, yaitu Diablo. Saat ini Drakensang Online memiliki lebih dari 17 juta user di seluruh dunia.

Pada awal permainan dalam game yang memiliki grafis 3D luar biasa ini, pemain dapat membuat karakter dengan memilih 1 class seperti Spellweaver, Ranger atau Dragonknight. Dunia dalam game ini sangat luas dan dapat dieksplorasi oleh para pemain dengan bebas. Pemain dapat memilih untuk menjalankan misi yang sangat banyak dan beragam, menjelajahi goa-goa, atau sekedar memburu dan membunuh monster. Game ini juga memungkinkan para pemain untuk membentuk sebuah tim dalam menjalankan misi-misi tersebut.

Kelebihan game ini selain tampilan grafisnya adalah, alur pertempurannya yang cepat, kemampuan unik yang dimiliki masing-masing class, adanya PvP, dan masih banyak lagi fitur yang membuat seorang pemain menjadi pecandu berat Drakensang Online.



1. Neverwinter

game-online-terbaik

Game online besutan Cryptic Studios ini merupakan MMORPG terbaru dan terbaik dalam daftar Top 10 Game Online Terbaik versi Klub Sepuluh. Dirilis pada 20 Juni 2013, Neverwinter berseting pada kota dalam jagat raya fantasi Forgotten Realms. Walaupun tidak ada hubungan antara game online ini dengan serial Neverwinter Nights.

Neverwinter memiliki misi-misi yang dapat dimainkan oleh para user dalam skala besar dan sangat bagus dalam pengemasannya. Demikian juga dengan fitur PvP yang tersistem dengan sangat apik. dan tentu saja adanya player-created content semakin memanjakan para usernya.

Soal grafis, tampilan game online ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Bahkan banyak yang menyatakan bahwa Neverwinter merupakan versi sempurna dari Dungeons & Dragons. Bisa dibayangkan betapa dahsyatnya game yang memiliki plot dan alur cerita yang sangat kuat ini.


Sobat Klub Sepuluh, khususnya kalian para gamer sejati, semoga daftar Top 10 Game Online Terbaik di dunia ini bisa menjadi acuan bagi anda untuk memilih game online mana yang akan ada mainkan.

0 Response to "Top 10 Game Online Terbaik"

Posting Komentar