Top 10 Makanan yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia dan mahluk hidup lainnya. Makanan berguna sebagai pemberi energi dan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh seluruh komponen dalam tubuh kita. Jadi mengkonsumsi makanan yang baik dapat meningkatkan kualitas kesehatan kita. Namun jangan lupa bahwa banyak jenis makanan yang membawa akibat buruk bagi tubuh seperti yang terdapat dalam daftar Top 10 Makanan yang Berbahaya Bagi Kesehatan versi Klub Sepuluh berikut ini.

makanan-berbahaya-bagi-kesehatan

Tentunya kita tidak ingin apa yang kita konsumsi dengan niat untuk memberikan asupan gizi dan nutrisi yang diperlukan tubuh kita agar terjaga kondisinya. Malah menjadi bumerang dan menimbulkan penyakit. Mungkin anda akan menemukan beberapa jenis makanan yang menjadi kesukaan anda dalam daftar ini. Kami harap anda dapat berhitung ulang tentang keuntungan dan resiko yang bisa timbul akibat mengkonsumsi makanan tersebut.


10. Awetan Buah

makanan-berbahaya-bagi-kesehatan

Awetan buah memang menjadi camilan yang banyak digemari orang. Selain memberikan sensasi rasa yang berbeda dari buah aslinya, juga dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Ada beberapa metode untuk mengawetkan buah-buahan. Yang umum adalah dengan pemanisan, pengasinan dan pengeringan.

Namun anda harus berhati-hati dalam mengkonsumsi buah yang telah diawetkan, karena penganan ini mengandung nitrit, zat ini dapat berubah menjadi N-nitrosamine yang merupakan racun pemicu kanker yang sangat kuat.

Resiko mengkonsumsi buah yang diawetkan bisa lebih tinggi apabila menggunakan zat pengawet, pewarna dan penguat rasa, karena zat-zat kimia ini dapat merusak hati dan organ lainnya. Yang terakhir adalah penggunaan garam pada awetan buah yang menggunakan metode pengasinan, dapat meningkatkan tekanan darah.


9. Hidangan Penutup Beku

makanan-berbahaya-bagi-kesehatan

Menghabiskan semangkuk es krim atau kustard beku setelah hidangan utama memang terasa sangat nikmat, namun anda harus waspada karena ada bahaya yang bersembunyi di balik kenikmatan itu. Memang, mengkonsumsi es krim yang berbahan dasar susu itu menyehatkan dan menambah enerji. Selain itu, bila yang kita konsumsi adalah es krim yang mengandung coklat bisa membuat kita lebih rileks dan membangkitkan semangat.

Namun setidaknya ada 3 gangguan kesehatan yang bisa muncul akibat mengkonsumsi hidangan penutup beku. Kandungan lemak dan gula dalam makanan yang dibekukan jauh lebih sulit untuk diurai tubuh, sehingga resiko obesitas dan diabetes juga ikut meningkat. Selain itu, kandungan gula yang terdapat dalam es krim, kustard beku, dan yang lainnya dapat mengurangi nafsu makan. Yang terakhir adalah, mengkonsumsi makanan begitu dalam jangka panjang dapat merusak sistem pencernaan tubuh kita.

Jadi sangat beralasan bila es krim yang termasuk hidangan penutup beku ada di daftar Top 10 Makanan yang Berbahaya Bagi Kesehatan versi Klub Sepuluh ini.


8. Makanan yang Dipanggang

makanan-berbahaya-bagi-kesehatan

Siapa yang tidak suka dengan aneka makanan yang dipanggang? Mulai dari ayam dan daging bakar, ikan dan seafoon panggang, sate, atau berbagai hidangan barbeque. Benar-benar mengundang selera.
Tapi perlu diingat bahwa hidangan yang sering disajikan dalam pesta itu dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh dan kesehatan kita.

Dibalik penampilan dan aroma yang muncul dari berbagai makanan yang dipanggang, ada racun yang dapat memicu munculnya kanker. Racun tersebut berasal dari reaksi kimia ketika proses pemanggangan dilakukan. Hal lainnya adalah, umumnya bahan makanan yang dipanggang, terutama daging, tidak matang secara sempurna. Akibatnya, kemungkinan masih adanya bakteri merugikan yang tersisa dan dapat mengganggu kesehatan kita.


7. Mi Instan

makanan-berbahaya-bagi-kesehatan

Hampir bisa dipastikan semua Sobat Klub Sepuluh pernah mengkonsumsi mi instan. Bahkan tak sedikit yang mengkonsumsinya setiap hari. Entah karena memang suka atau karena situasi dan kondisi. Mi instan dengan aneka pilihan rasa memang sangat nikmat dan praktis. Apalagi mi instan modern juga dilengkapi dengan berbagai vitamin agar bisa menjadi asupan cepat yang sehat.

Biar bagaimanapun, kandungan vitamin yang terdapat pada mi instan tidaklah sebanding dengan bahaya yang dapat ditimbulkan bahan pengawetnya bagi kesehatan kita. Bila mi instan tersebuat diklaim bebas pengawet, masih ada penyedap rasa yang mengandung lusinan zat aditif. Zat-zat aditif ini bisa merusak lambung dan organ tubuh lainnya.

Kandungan lemak yang tergolong besar dalam mi instant juga menimbulkan resiko serangan jantung. Yang terakhir, kandungan garam yang berlebihan pada bumbu penyedap rasa bisa memicu naiknya tekanan darah. Jadi berhati-hatilah dengan tidak terlalu sering dan banyak makan mi instan yang menduduki posisi 7 daftar Top 10 Makanan yang Berbahaya Bagi Kesehatan versi Klub Sepuluh.


6. Makanan yang Mengandung Krim

makanan-berbahaya-bagi-kesehatan

Menahan godaan untuk tidak mencicipi kue soes yang beroleskan krim sangatlah sulit. Atau berusaha menghindari rayuan dari segelas cola dengan whip krim diatasnya, hampir mustahil. Ya, segala yang creamy memang enak dipandang dan nikmat dimakan. Dan mengkonsumsinya bukanlah sebuah dosa.

Tapi coba perhatikan bahaya yang bisa menyerang dari balik tampilan dan nikmatnya makanan atau minuman yang mengandung krim ini. Karena krim hampir seluruhnya terdiri dari gula dan lemak, dan sedikit sekali nilai nutrisi, bisa anda bayangkan dampak negatifnya bagi tubuh kita.

Obesitas dan diabetes merupakan dampak negatif yang paling nyata dari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung krim. Mengikuti di belakangnya adalah tekanan darah tinggi. Yang terakhir, kandungan lemak dan gula dalam krim dapat menghambat proses pembuangan kotoran dari pencernaan.

5. Jeroan

makanan-berbahaya-bagi-kesehatan

Orang Indonesia dikenal sebagai penggemar hidangan isi perut binatang ini. Sudah sejak lama kita mengkonsumsi bahan makanan yang gurih dan lezat seperti hati dan ampela ayam, usus sapi dan ayam, juga paru-paru dan hati sapi. Kita mengolahnya dalam berbagai bentuk hidangan penggugah selera. Dari sekedar digoreng, sampai dijadikan sate dan rendang.

Jeroan memang mengandung vitamin, protein dan mineral dalam jumlah yang besar. Namun selain itu, jeroan juga mengandung lemak jenuh dan kolesterol dalam jumlah yang tak kalah besarnya. Keduanya merupakan penyebab paling besar bagi gangguan jantung.

Selain itu, mengkonsumsi jeroan dalam jumlah banyak dan dalam rentang waktu yang lama dapat meningkatkan resiko terserang kanker usus dan kanker payudara. Sangat pantas untuk kami letakkan pada tangga kelima daftar Top 10 Makanan yang Berbahaya Bagi Kesehatan ini.


4. Daging Olahan

makanan-berbahaya-bagi-kesehatan

Masuknya beragam makanan khas manca negara ke Indonesia berimbas juga dengan semakin mudahnya kita mendapatkan berbagai bahan makanan olehan. Salah satu contohnya adalah daging. Daging olahan khususnya ham dan sosis merupakan bahan utama dari makanan yang berasal dari negeri Paman Sam yaitu hamburger dan hotdog.

Kedua makanan impor itu memang lezat. Namun daging olahan yang terdapat di dalamnya mengandung nitrit yang dapat memicu kanker. Lalu zat pengawet dan pewarna buatan yang lazim dipakai pada produk-produk daging olahan juga dapat membebani dan kemudian merusak fungsi hati.

Kemudian yang tak kalah membahayakan tubuh kita adalah fakta bahwa umumnya daging olahan mengandung sodium dalam jumlah yang besar. Yang mana efek negatif dari terlalu banyak mengkonsumsi garam adalah munculnya gangguan pada ginjal juga naiknya tekanan darah.


3. Daging dan Sayuran yang Diawetkan

makanan-berbahaya-bagi-kesehatan

Contoh paling umum dari daging yang diawetkan adalah bacon. Sedangkan awetan sayur yang sering kita jumpai sehari-hari adalah acar. Keduanya memang sangat lezat bila dikonsumsi untuk mendampingi nasi dalam menu hidangan kita sehari-hari.

Selain memiliki kadar garam yang sangat tinggi, daging dan sayuran yang diawetkan juga mengandung alkylamine nitrit dalam jumlah yang sangat besar. Zat yang terbentuk dalam proses pengawetan daging dan sayuran ini merupakan sejenis racun yang dapat memicu munculnya kanker pada saluran pencernaan dan berbagai macam tumor ganas lainnya. Dan kandungan garam yang berlebihan tadi juga dapat merusak organ-organ pencernaan terutama usus.

Bagi anda yang menggemari acar, berhati-hatilah. Karena tingkat bahaya yang ditimbulkan oleh daging dan sayuran yang diawetkan membuatnya bertengger di posisi 3 daftar Top 10 Makanan yang Berbahaya Bagi Kesehatan versi Klub Sepuluh


2. Makanan Kaleng

makanan-berbahaya-bagi-kesehatan

Dewasa ini segala jenis makanan sudah lazim dikemas dalam kaleng. Mulai dari ikan, daging, sayuran sampai buah-buahan telah tersedia dalam kaleng agar dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini sangat membantu kita dalam menjamin ketersediaan bahan makanan kapanpun kita membutuhkannya.

Masalahnya adalah, ketika bahan-bahan makanan tadi diproses, diawetkan lalu dikalengkan, mereka sering kehilangan sebagian besar kadar nutrisi. Parahnya lagi, makanan dalam kaleng memiliki kandungan protein yang jauh lebih sulit untuk dicerna dan diserap tubuh.

Buah-buahan kaleng sebagian besar terendam dalam air gula, dimana air gula tersebut sangat cepat diserap tubuh sehingga meningkatkan resiko naiknya kadar gula dalam darah secara cepat. Kadar gula yang tinggi dalam makanan kaleng ini juga meninggalkan tumpukan sampah pada pankreas, selain dapat memicu obesitas.


1. Gorengan

makanan-berbahaya-bagi-kesehatan

Apalah nikmatnya saat-saat santai kita bersama keluarga atau sahabat tanpa kehadiran sepiring gorengan yang gurih. Tak akan lengkap secangkir kopi panas atau segelas teh hangat di sore hari tanpa adanya gorengan yang mendampingi.
Berbagai macam gorengan memang menjadi penganan favorit banyak orang. Mulai dari pisang goreng, singkong goreng, keripik goreng, tahu isi goreng, lumpia goreng, dan masih banyak yang lainnya.

Namun perlu diingat, jenis makanan yang memiliki penggemar paling banyak di daftar ini juga merupakan jenis makanan yang paling berbahaya bagi kesehatan kita.

Dalam proses penggorengan, dimana makanan-makanan tadi terendam dalam minyak goreng, terbentuklah berbagai racun yang dapat memicu munculnya kanker. Lalu penggunaan minyak goreng yang digunakan berulang-ulang, membuat gorengan yang kita makan mengandung lemak jenuh dan kalori dalam jumlah yang sangat besar dan berujung pada kegemukan. Lebih parah lagi, kedua zat itu dapat memicu serangan jantung koroner.

Dan serangan jantung koroner juga bukan efek paling buruk yang dapat ditimbulkan oleh gorengan. Anda dapat terkena hypoglycemia, yang secara umum bisa diartikan sebagai sebuah kondisi dimana darah memiliki kandungan gula yang rendah, dikarenakan tubuh terlalu sibuk memproses lemak jenuh dan kalori tadi sehingga pengiriman gula ke otak melalui darah menjadi berkurang. Hal ini kemudian bermuara pada berbagai gangguan kesehatan. Mulai dari mual-mual, pingsan, kerusakan otak permanen bahkan kematian.


Sobat Klub Sepuluh penggemar kuliner, bila salah satu atau beberapa jenis makanan yang ada dalam daftar Top 10 Makanan yang Berbahaya Bagi Kesehatan versi Klub Sepuluh diatas merupakan makanan kesukaan anda, mulailah untuk mengatur dan mengurangi konsumsinya demi menjaga kondisi tubuh anda.

0 Response to "Top 10 Makanan yang Berbahaya Bagi Kesehatan"

Posting Komentar