10 Manfaat Teh bagi Kesehatan

Manusia telah lama mengkonsumsi daun teh sebagai salah satu minuman paling populer sepanjang peradaban. Begitu juga dengan berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dari meminum daun tumbuhan yang umumnya hidup di daerah dataran tinggi beriklim sejuk tersebut. Namun ternyata, teh menyimpan lebih banyak manfaat bagi tubuh kita dari yang selama ini kita ketahui. Untuk itulah kali ini tim Klub Sepuluh khusus membahas 10 Manfaat Teh bagi Kesehatan, baik tubuh maupun jiwa kita.

manfaat-teh-bagi-kesehatan

Untuk mendapatkan segala manfaat dari teh, tidaklah hanya dengan jalan meminumnya. Melalui artikel ini kami menginformasikan kepada anda tentang bagaimana daun teh dapat menjadi solusi untuk sejumlah masalah kecantikan dan kesehatan. Juga bagaimana mengaplikasikan daun teh dalam cara lain, tentunya untuk memperoleh manfaat tertentu yang berguna dalam menjaga kesehatan kita.


1. Menghilangkan Kantung Mata

manfaat-teh-bagi-kesehatan

Daun teh dapat menjadi solusi sempurna untuk menghilangkan kantung mata yang muncul akibat mata anda mengalami kelelahan. Caranya, cukup gunakan dua kantong teh yang terlebih dahulu direndam dalam air hangat. Lalu letakkan keduanya menutupi kedua mata anda selama 15 menit, maka kantung mata di bawah mata anda akan sirna. Daun teh memiliki zat alami yang dikenal sebagai tanin. Zat ini dapat membantu mengurangi bengkak di mata, juga menghilangkan lingkaran hitam yang biasa muncul di sekitar mata saat anda mengalami keletihan.


2. Menyembuhkan Sengatan Matahari

manfaat-teh-bagi-kesehatan

Bila suatu ketika anda lupa menggunakan tabir surya ketika melakukan kegiatan dibawah terik sinar matahari dan kulit anda terbakar, maka ingatlah bahwa daun teh memiliki khasiat untuk menyembuhkan sengatan matahari. Taburkan beberapa lembar daun teh pada air dalam bathtub, kemudian berendamlah dengan nyaman dan pastikan seluruh bagian kulit anda yang tersengat matahari terendam dalam air. Cara ini sangat ampuh untuk menghilangkan rasa gatal dan kulit memerah akibat terbakar sengatan matahari.


3. Mengurangi Berat Badan

manfaat-teh-bagi-kesehatan

Hasil penelitian membuktikan bahwa mereka yang meminum teh hijau mampu mengurangi berat badan lebih cepat daripada mereka yang tidak meminumnya. Zat katekin yang terkandung dalam teh hijau secara signifikan mengurangi lemak tubuh anda. Studi juga menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi teh hijau dapat membantu menstabilkan berat badan setelah kita mengalami periode kehilangan bobot secara drastis, misalnya akibat terserang penyakit. Tidak hanya itu, teh hijau juga berkhasiat meningkatkan metabolisme dan menghilangkan masalah pada sistem pencernaan.


4. Mengusir Jerawat

manfaat-teh-bagi-kesehatan

Teh hijau memiliki sifat-sifat sebagai anti bakteri, anti jamur, antioksidan dan anti-inflamasi yang mujarab. Itu artinya, teh hijau merupakan solusi ampuh untuk mengusir jerawat pada wajah anda. Cukup dengan menggosokan daun teh hijau lembab pada wajah sebelum anda tidur. Hal sederhana ini akan mengenyahkan jerawat yang mengganggu dari wajah anda. Kemudian perlu anda ingat bahwa meminum teh hijau setiap pagi, dapat membuat wajah anda berseri indah secara alami.


5. Melindungi Kulit

manfaat-teh-bagi-kesehatan

Teh hijau terbukti mampu mempertahankan tingkat kekencangan kulit dan memiliki khasiat sebagai bahan anti-aging alami. Adanya kandungan zat antioksidan dan senyawa anti-inflamasi dalam teh hijau membuatnya mampu melindung kulit anda dengan cara yang sempurna. Anda dapat membuat scrub sendiri untuk mendapatkan maanfaat teh hijau dalam melindungi kulit. Cukup dengan mencampurkan air, sedikit gula pasir pada semangkuk kecil teh hijau. Aduk sampai semua bahan tersebut tercampur rata dan sempurna lalu balurkan pada kulit wajah anda. Campuran ini akan melembabkan kulit, meningkatkan hidrasi, mengelupaskan kulit mati dan kusam pada wajah, sehingga wajah anda menjadi halus dan mulus.


6. Kondisioner Rambut

manfaat-teh-bagi-kesehatan

Teh memiliki manfaat sebagai kondisioner rambut yang mampu memberikan solusi terbaik bagi rambut anda yang kering untuk kembali bersinar indah alami. Gunakan teh yang baru diseduh tanpa gula, kemudian gosokkan pada rambut anda dan biarkan hingga kering sebelum membilasnya. Selain itu, teh juga dapat berfungsi sebagai pewarna alami yang dapat mengembalikan warna hitam cemerlang pada rambut anda yang kusam dan berwarna keabuan. Caranya, tambahkan beberapa helai kelopak bunga rosemary dan sage dalam seduhan teh hitam dan biarkan campuran tersebut selama satu malam. Kemudian saring dan balurkan endapannya secara merata pada rambut anda.


7. Menghilangkan Bau pada Kaki

manfaat-teh-bagi-kesehatan

Air yang diekstrak dari daun teh hijau merupakan deodoran yang sangat kuat. Sehingga air tersebut dapat menjadi solusi alami yang tepat untuk menghilangkan bau pada kaki anda. Cukup dengan merendam kaki anda dalam air seduhan teh hijau yang kental setidaknya selama 20 menit. Maka pori-pori di kaki anda yang mengeluarkan keringat dan bau tak sedap tadi akan tertutup.


8. Mengobati Gusi Berdarah

manfaat-teh-bagi-kesehatan

Teh merupakan obat yang mujarab untuk mengobati gusi berdarah. Caranya, tekan beberapa kantong teh yang telah dibasahi pada gusi selama sekitar 20 menit. Hal tersebut akan menghentikan pendarahan dan meredakan nyeri. Rahasia dibalik kemampuan teh dalam mengobati gusi berdarah adalah, karena daun teh memiliki sifat anti-inflamasi dan astringent. Selain itu, daun teh juga dikenal sebagai obat kumur yang mampu menyegarkan aroma mulut.


9. Menangkal Stres

manfaat-teh-bagi-kesehatan

Daun teh dikenal sebagai bahan terapi pikiran yang ampuh. Sehingga daun teh dapat membantu menangkal stres. Untuk mendapatkan manfaat menenangkan terbaik dari daun teh, anda dapat menempatkan beberapa lembar daun teh dalam bantal. Ambil beberapa daun teh yang telah dikeringkan dengan menjemurnya dibawah sinar matahari, kemudian tempatkan dalam bantal, lalu jahitlah dengan rapat bantal tersebut. Aroma relaksasi yang keluar dari daun teh tersebut akan membantu anda tidak hanya untuk bersantai, tapi sekaligus dapat menyingkirkan bau tidak sedap dari badan anda.


10. Meningkatkan Gairah Seks

manfaat-teh-bagi-kesehatan

Teh hijau memiliki kandungan kafein, ginseng dan L-Thiamine. Zat-zat tersebut dikenal memiliki efek positif pada dorongan seksual, khususnya pada perempuan. Jadi, jika anda ingin meningkatkan gairah seks pasangan anda, cukup tuangkan secangkir teh untuknya. Maka dengan segera ia akan berada dalam mood untuk bercinta.


Demikianlah 10 Manfaat Teh bagi Kesehatan tubuh dan jiwa kita yang belum banyak diketahui. Semoga artikel persembahan Klub Sepuluh diatas menambah wawasan anda tentang berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dari teh.

0 Response to "10 Manfaat Teh bagi Kesehatan"

Posting Komentar