Top 10 Girl Band KPop 2014

Apakah sobat termasuk penggemar girl band Korea beraliran pop, SNSD? Atau malah lebih menggemari musik yang memacu degup jantung milik Exo? Yang pasti, KPop terus mengalami perkembangan signifikan dari tahun ke tahun. Maka melalui artikel ini, Klub Sepuluh khusus membahas tentang Top 10 Girl Band KPop 2014 terpopuler agar dapat lebih spesifik dalam menilai performa dan posisi mereka dalam industri musik Korea yang selalu berubah setiap tahunnya.

girl-band-kpop-terpopuler-2014

KPop kini semakin diperkaya dengan sentuhan unsur musik elektronik, hip hop bahkan simfoni dari orkestra. Hal tersebut membuat KPop mampu menjangkau penggemar yang lebih luas dari berbagai belahan dunia. Munculnya beberapa girl band baru seperti Ladies Code yang mengguncang Youtube dengan 3 single mereka, menunjukan bahwa kualitas musik Korea tidak bisa dipandang sebelah mata.

Dengan begitu banyaknya girl band saling bersaing dalam industri musik pop Korea, maka semua kembali kepada para penggemar untuk menentukan siapa yang pantas menjadi yang terbaik setiap tahunnya. Dan untuk tahun ini, Klub Sepuluh merangkum Top 10 Girl Band KPop 2014 terpopuler untuk anda. Penasaran girl band apa saja yang ada di daftar kami? Silahkan disimak dalam artikel dibawah ini.


10. F-ve Dolls

girl-band-kpop-terpopuler-2014

Girl band ini sering disebut sebagai para boneka (dolls) dalam industri musik Korea. F-ve Dolls yang beranggotakan Seunghee, Nayeon, Hyoyoung, Yeonkyung, Hyewon dan Eunkyo ini menarik penggemar dan pemerhati musik pop Korea dengan sebuah gebrakan hebat di tahun 2010. Saat itu mereka meluncurkan dua single yang langsung meroket dan sangat populer yaitu, Lip Stains dan I Mean You.

Video klip F-ve Dolls berjudul Like This Like That menjadi video musik dengan angka penjualan tertinggi dari sebuah girl band pendatang baru pada tahun 2011. Dengan single terbaru berjudul Can You Love Me yang dirilis pada bulan September 2013, F-ve Dolls siap kembali menggebrak peta persaingan KPop di tahun 2014.


9. Nine Muses

girl-band-kpop-terpopuler-2014

Bukan kebetulan bila kesembilan cewek cantik yang tergabung dalam girl band KPop bernama Nine Muses ini menduduki posisi ksembilan daftar Top 10 Girl Band KPop 2014 terpopuler versi Klub Sepuluh. Girl band yang memulai debutnya di tahun 2010 dengan single No Playboy ini merupakan salah satu bintang KPop yang memiliki posisi kuat dalam industri musik Korea.

Nine Muses memiliki prestasi yang sulit ditandingi girl band Korea lainnya dengan prestasi menelurkan 4 single yang saling bergantian menguasai tangga lagu populer. Pada tahun 2014 ini, Nine Muses akan menghadirkan gebrakan baru melalui sub unit mereka yang berkonsep cutie dan innocent. Konsep baru tersebut bakal membawakan single terbaru Nine Muses berjudul KISS.


8. AOA

girl-band-kpop-terpopuler-2014

AOA merupakan singkatan dari Ace of Angels. Beranggotakan 8 cewek cantik yaitu Choa, Jimin, Yuna, Youkyung, Hyejeong, Mina, Seolhyun dan Chanmi. AOA memulai debutnya dalam peta industri KPop pda bulan Juli 2012. Saat itu mereka meluncurkans ingle perdana berjudul Angel's Story: Elvis. AOA populer sebagai girl band yang sering tampil seksi dalam berbagai kesempatan.

Pada bulan Januari tahun 2014, AOA kembali menghentak industri musik Korea dengan merilis single Miniskirt. Dalam single tersebut, AOA kembali mengusung konsep seksi. Tembang Miniskirt berhasil menduduki posisi pertama pada beberapa chart berpengaruh di Korea. Hal tersebut lebih dari cukup untuk membuktikan bahwa AOA menjadi salah satu girl band paling populer di tahun 2014.


7. Ladies Code

girl-band-kpop-terpopuler-2014

Berada pada tangga ketujuh daftar Top 10 Girl Band KPop 2014 versi Klub Sepuluh adalah sebuah girl band yang dibentuk oleh Polaris Entertainment pada 2013. Setelah sebelumnya merilis single secara digital, Ladies Code merilis single dan video klip perdana dengan titel Hate You pada tanggal 6 Agustus 2013. Beranggotakan Ashley, RiSe, Sojung, EunB dan Zuny, girl band Korea kembali meluncurkan single kedua mereka di bulan yang sama dengan judul Pretty Pretty.

Ladies Code memiliki reputasi sebagai girl band pendatang baru terbaik di Korea. Lagu-lagu mereka mampu bertahan dalam tangga-tangga lagu jauh lebih lama dari yang diperkirakan sebelumnya. Pantas dinanti apa yang Ladies Code dapatkan dari single terbaru mereka di tahun 2014 ini yang berjudul So Wonderful. Kami yakin, mereka akan mampu berbicara banyak dalam peta musik Korea.


6. Crayon Pop

girl-band-kpop-terpopuler-2014

Girl band yang memiliki gaya unik ini menghentak Korea dengan single debut berjudul Bar Bar Bar. Koreografi dan gaya berpakaian mereka dalam membawakan lagu tersebut menjadi viral, sedangkan lagu itu sendiri menduduki posisi pertama Billboard KPop Top 100 setelah 6 minggu dirilis. Crayon Pop beranggotakan lima cewek imut-imut yaitu Gum-mi, Ellin, Cho-a, Way dan So-yul. Dibentuk sejak awal tahun 2012 dan meluncurkan single perdana berjudul Bing Bing pada tanggal 24 Juni 2013.

Video Bar Bar Bar yang dirilis pada 8 Juni 2013 telah meraih lebih dari 15 juta pemirsa di Youtube. Crayon Pop yang menggabungkan gaya Jepang pada penampilan dan musik KPop mereka disebut sebagai penyegar musik Korea. Di tahun 2014, Crayon Pop siap menggebrak kembali dengan single berjudul Hey. Mereka juga mendapat kehormatan menjadi pembuka konser Lady Gaga di beberapa kota Amerika.


5. A Pink

girl-band-kpop-terpopuler-2014

Adalah girl band KPop yang beranggotakan Chorong, Bomi, Eunji, Naeun, Namjoo, dan Hayoung bernama A Pink, berhasil menduduki posisi kelima daftar Top 10 Girl Band KPop 2014 versi Klub Sepuluh. A Pink dibentuk oleh A Cube Entertainment pada tahun 2011. Girl band yang merilis single perdana pada 21 April 2011 berjudul Mollayo ini berhasil meraih berbagai penghargaan sebagai pendatang baru terbaik. Contohnya pada perhelatan Golden Disk Awards, Seoul Music Awards, dan Mnet Asian Music Awards.

A Pink kerap disebut sebagai kuda hitam dalam peta persaingan KPop yang sangat ketat. Namun telah perlahan-lahan pamor mereka membumbung sampai akhirnya ketenaran dan lagu mereka tak tertandingi. Girl band ini memiliki angka penjualan album tertinggi ketiga di tahun 2013. Pada tanggal 17 Maret 2014, A Pink merilis album berjudul Pink Blossom.


4. Girl’s Day

girl-band-kpop-terpopuler-2014

Keempat cewek seksi yang tergabung dalam girl band KPopGirl’s Day adalah Sojin, Yura, Minah dan Hyeri. Mereka meluncurkan video klip perdana berjudul Tilt My Head pada 7 Juli 2010 yang disusul dengan peluncuran debut album bertitel Girl's Day Party 1. Girl band yang memiliki banyak fans di Jepang ini melakukan konser di luar Korea pertama mereka pada 17 Mei 2011. Bersama U-KISS and Super Junior M, Girl's Day tampil di Taiwan sebelum merilis album kedua berjudul Everyday yang berisi hit single Hug Me Once pada tanggal 6 Juli 2011.

Di tahun 2014, Girl's Day merilis album ketiga mereka dengan single pertama berjudul Something. Tembang ini langsung menjadi penguasa beberapa chart KPop. Hal tersebut membuktikan bahwa sepak terjang girl band ini akan terus mengguncang industri musik Korea sepanjang tahun 2014. Girl's Day yang kini menggunakan konsep feminin yang lebih dewasa harus diperhitungkan secara hati-hati para pesaingnya.


3. Davichi

girl-band-kpop-terpopuler-2014

Girl band KPop yang berada pada tangga ketiga daftar Top 10 Girl Band KPop 2014 versi Klub Sepuluh ini cukup unik. Tidak seperti umumnya girl band Korea yang memiliki jumlah anggota 4 orang atau lebih, Davichi yang mengusung genre musik pop balada ini hanya beranggotakan 2 cewek cantik. Mereka adalah Lee Haeri dan Kang Minkyung. Davichi dibentuk pada tahun 2008 dan meluncurkan album debut berjudul Amaranth, pada tanggal 4 Februari 2008. Single dalam album tersebut yang berjudul I Hate You, I Love You meraih penghargaan sebagai Pendatang Baru Terbaik dalam perhelatan Cyworld Digital Music Awards.

Davichi yang pada tahun 2014 tampil lebih dewasa mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan album yang diberi judul Code. Padahal, belum usai euforia yang dihasilkan oleh album mereka berjudul Mystic Ballad yang dirilis pada tahun 2013. Karena album tersebut memberikan mereka prestasi sebagai Artist of the Year dalam gelaran Gaon Chart K-Pop Awards. Tentunya, album baru tersebut bakal membuat Davichi semakin kokoh sebagai salah satu girl band terpopuler di Korea.


2. Sistar

girl-band-kpop-terpopuler-2014

Hyorin, Bora, Soyou dan Dasom adalah nama keempat cewek yang tergabung dalam girlband KPop, Sistar. Terbentuk pada tahun 2010, Sistar yang kerap tampil seksi meluncurkan single debutnya pada bulan Juni 2010 berjudul Push Push. Pada bulan Agustus 2011, single mereka yang berjudul So Cool berhasil memuncaki chart Billboard KPop Top 100 kemudian di bulan September, girl band ini meraih penghargaan dari Mutizen Award. Sistar siap menggebrak peta musik Korea di tahun 2014 dengan album kedua mereka yang bertajuk Give It To Me. Sebelumnya, Sistar menjadi wakil Korea Selatan ketika tampil dalam ABU TV Song Festival 2013 di kota Hanoi, Vietnam.

Sistar mungkin merupakan satu-satunya yang bisa menyaingi girl band nomor 1 di daftar ini. Sistar tentu saja telah menjadi salah satu superstar di industri musik Korea dengan bakat dan konsep mereka yang stylish. Angka penjualan single maupun album mereka baik secara digital ataupun fisik sangatlah besar. Jadi hal apa yang dimiliki oleh girl band yang berada di puncak daftar Top 10 Girl Band KPop 2014 versi Klub Sepuluh tapi tidak dimiliki oleh Sistar atau girl band lain di daftar ini?


1. Girls' Generation

girl-band-kpop-terpopuler-2014

Satu hal yang hanya dimiliki oleh Girls' Generation untuk kokoh berada di puncak daftar Top 10 Girl Band KPop 2014 versi Klub Sepuluh adalah dominasi. Ya, girl band nomer satu di Korea ini telah begitu mendominasi peta persaingan girl band KPop sejak pertama kali dibentuk pada tahun 2007. Wajah-wajah kesembilan personel Girls' Generation telah begitu melekat dalam benak setiap penggemar musik Korea. Taeyeon, Jessica, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona dan Seohyun menjadi sosok-sosok cantik yang ikonik bagi para KPop mania.

Girls' Generation bagaikan bola api yang berkobar dan membakar segala yang dilaluinya. Memiliki jutaan fans setia di seluruh dunia, girl band yang memiliki nama lain, SNSD ini bagaikan monster digital yang terus menerus tanpa putusnya menghiasi chart Billboards dengan single-single mereka. Bahkan, mereka telah melampaui popularitas boy band KPop dalam mencuri perhatian penggemar wanita, karena Girls' Generation selalu tampil dengan citra positif dan manis. Cerita di tahun 2014 ini tak akan jauh berbeda bagi Girls' Generation. Mereka akan tetap berada diatas girls band Korea lainnya.


Sobat Klub Sepuluh, demikian daftar Top 10 Girl Band KPop 2014 versi kami. Mungkin anda memiliki pendapat yang berbeda dengan apa yang kami sajikan diatas. Tapi tim Klub Sepuluh yakin bahwa kesepuluh nama tersebut akan sulit untuk ditandingi girl band Korea lainnya.

0 Response to "Top 10 Girl Band KPop 2014"

Posting Komentar